KECAM TONY ABBOTT, MAHASISWA ACEH BUKA POSKO KOIN UNTUK AUSTRALIA

Kecam Tony Abbott, Mahasiswa Aceh Buka Posko Koin untuk Australia
Agus Setyadi – detikNews, Sabtu, 21/02/2015 17:07 WIB

https://i0.wp.com/images.detik.com/customthumb/2015/02/21/10/170916_koin.jpg

Banda Aceh – Pernyataan PM Australia Tony Abbott yang mengaitkan bantuan tsunami untuk Indonesia pada 2004 silam dengan hukuman mati mendapat kecaman dari masyarakat Aceh. Sebagai bentuk protes, Kesatuaan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Aceh membuka posko pengumpulan koin untuk Australia.

Posko perdana ini didirikan di Sekretariat KAMMI Aceh di kawasan Lamgugop, Banda Aceh. Terdapat sebuah papan pengumuman ukuran 1X1 meter bertuliskan posko Koin untuk Australia. Sejumlah uang koin pecahan Rp 100 hingga Rp 1.000 terlihat di sana.

Koordinator Posko, Martunus mengatakan, aksi ini sebagai bentuk protes terhadap pernyataan Abbott yang mengaitkan desakan pembatalan hukuman mati dua warganya dan mengungkit peran Australia yang membantu Indonesia saat tsunami Aceh. Pengumpulan koin ini dilakukan untuk mengembalikan uang Australia.

“Kita tidak terima dengan pernyataan PM Australia dan meminta pemerintah agar segera mengeksekusi mati dua warga Australia,” kata Martunus saat ditemui wartawan, Sabtu (21/2/2015).

Aksi pengumpulan koin untuk Australia awalnya muncul di media sosial dengan hashtag #koinuntukAustralia. Tagar tersebut menjadi ramai setelah dicuit oleh pengguna Twitter. Mereka juga mengunggah foto koin lengkap dengan keterangannya.

Koin yang berhasil dikumpulkan, kata Martunus, nanti akan digelar rapat kembali untuk membahas panitia yang bertanggung jawab mengelolanya. “Kita mencoba melobi pemerintah untuk membawa uang ini ke Pemerintah Australia. Apabila perlu nanti juga kita gelar aksi di dubes Australia dengan membawa koin,” jelasnya (mok/mok)
Baca Juga
• Anggota DPR: Tinjau Ulang Hubungan Dagang dengan Brazil
• Dubes Ditarik Pulang, Pelayanan KBRI Brazilia Tetap Normal
• Jelang Eksekusi, Peti Mati Sudah Siap untuk Terpidana
• Brasil Tolak Dubes, DPR akan Panggil Menhan untuk Kaji Pembelian Peluncur Roket

Leave a comment