Pepatah Tiongkok Kuno

Lukisan China 1Ban men nong fu. Memamerkan ketrampilan menggunakan kapak di depan tukang kayu ahli. Memamerkan ketrampilan yang sedikit di depan seorang ahli.

Ban ping cu-luan huang dang. Botol yang berisi separuh cenderung akan bergoyang. Orang yang pandai tidak akan sombong dan selalu terus ingin belajar, sedangkan yang sedikit ilmu banyak bicara dan malas belajar.

Cang ying bu ding wu feng dan. Lalat tak pernah hinggap pada telur yang tak retak. Seseorang yang tak baik cenderung mengundang teman-teman yang tak baik pula.

Cang long wo hu. Naga tersembunyi, harimau mendekam. Jangan anggap enteng sesuatu yang tampak mudah dan tidak menantang.

Chi shui bu wang jue jing ren. Ketika minum air sumur, jangan lupa penggalinya. Jangan lupakan orang-orang yang pernah membantu kita meraih keberhasilan.

Dang ju zhe mi. Seorang penonton melihat lebih cermat daripada pemain di lapangan. Pihak ketiga biasanya punya perspektif lebih baik daripada orang yang terlibat karena melihat soal secara berjarak.

Fen lin er tian, jie ze er yu. Membakar hutan untuk bertanam dan menguras kolam untuk mengail. Melakukan segala cara untuk mencapai tujuan tanpa memperdulikan akibatnya.

Feng jian ning ke yu sui, qi zheng bu qiu wa quan. Saat melawan keburukan, lebih baik jadi permata yang hancur daripada jadi bata yang utuh. Lebih baik mati daripada menyerah ketika melawan kejahatan/keburukan.

Gou zui li tu bu chu xiang ya. Bagaimana mungkin berharap menemukan gading dalam mulut anjing? Jangan berharap orang jahat mengucapkan kata-kata baik.

Hua xiang bu yi ding mei li, neng shuo bu yi ding hui zuo. Bunga yang harum belum tentu bunga yang indah, seorang orator belum tentu seorang pekerja. Tindakan lebih baik dari ucapan.

Jian le zhi ma, diu le xi gua. Mencari bijih wijen, kehilangan buah semangka. Berkonsentrasi pada masalah-masalah kecil, masalah besar yang lebih penting diabaikan.

Jin zhu zhe chi, jin mo zhe hei. Yang dekat tinta merah akan kena noda merah, yang dekat tinta hitam akan kena noda hitam. Orang dipengaruhi oleh sifat temannya.

Jiu ji bu jiu qiong. Bantulah orang yang membutuhkan, bukan orang miskin. Orang-orang yang sedang membutuhkanlah yang paling perlu dibantu.

Ma wu ye cao bu fei, ren wu wai kuai bu fu. Seekor kuda tidak bisa bertambah berat badannya jika tak diberi makan malam hari. Seseorang tidak dapat menjadi kaya tanpa pendapatan lain selain pendapatan rutin.

Min bu wei si, nai he yi si ju zhi. Ketika orang tak lagi takut pada kematian, tidak ada gunanya mengancam mereka dengan kematian. Tidak ada gunanya mengancam seseorang dengan sesuatu yang tidak ditakutinya.

Ni ren pa yu, huang yan pa li. Patung lempung takut kena hujan, pembohong takut kebenaran. Kebenaran pasti lebih unggul.

Ren bu ke mao xiang, hai shui bu ke dou liang. Orang tidak dapat dinilai dari penampilan, sebagaimana laut tak dapat diukur dengan ember. Penampilan bisa menyesatkan. Kita tak tahu kecakapan atau kekuatan seseorang dari penampilan saja.

Ren e ren pa tian bu pa, ren shan ren qi tian bu qi. Orang jahat ditakuti manusia, tapi tidak oleh surga. Orang baik dikhianati manusia, tapi tidak oleh tuhan.

Ren xin ge du pi. Hati manusia terletak dalam dada. Ketulusan tampak dari tindakan. Bukan dari kata-kata atau penampilan.

Shou yi shi huo bao, tian xia e bu dao. Ketrampilan adalah harta yang tak akan habis, menjaga seseorang tidak kelaparan kemanapun ia pergi.

Xue hao san nian, xue huai san tian. Perlu waktu tiga tahun menjadi orang berintegritas, hanya perlu tiga hari untuk merusaknya. Jauh lebih mudah menjadi rusak daripada menjadi baik.

Yan lei jiu bu liao huo. Air mata tak dapat memadamkan api. Keluh-kesah dan menangis tidak akan menyelesaikan soal.

Zhi zu zhe chang le. Siapa yang tahu batas, tahu kebahagiaan sejati. Kerakusan adalah sumber ketidakbahagiaan karena sifat manusia tidak pernah puas.

Advertisements

3 comments so far

  1. sunofbabydog on

    Pepatah cina kuno itu mau diapakan? lha wong memang dah jelas bahwa induk semang kehancuran itu adalah kerakusan.

  2. Maxgrosir on

    pepatah ini bisa dijadikan kita informasi dan motivasi tersendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  3. CARA.pro on

    Alhamdulillah nambah ilmu tentang pepatah cina… bagus artikelnya gan, pepatah Indonesianya juga donk..

    yuk jangan lupa permainan tardisional Indonesia > Cara membuat layangan hias


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: