KELAPARAN, WARGA PAPUA MAKAN TERNAK MATI

SP Logo

 

KELAPARAN, WARGA PAPUA MAKAN TERNAK MATI

Jumat, 27 November 2015 | 10:48

Lembah Baliem,Papua. [Antara]

[JAYAPURA] Kepala Distrik Mbuwa, Erias Gwijangga mengatakan,  masalah utama yang terjadi di  Kabupaten Ndunga, Papua, saat ini adalah kelaparan.

Untuk mempertahankan hidup, warga memilih memakan tenak yang sudah mati. Ini sangat ironis, karena Papua dikenal sebagai wilayah yang kaya akan sumber daya alam. Emas melimpah di daerah ini, tetapi warganya kelaparan.

“Awalnya, kematian ternak, baik ayam maupun babi.  Ternak-ternak yang mati itu dimakam oleh masyarakat. Yang kedua, musim kemarau  yang panjang,” katanya.

Kabupaten Nduga adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua. Dulunya pernah menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Jayawijaya.

Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua.

Kabupaten Nduga berada di hamparan Lembah Baliem, sebuah lembah aluvial yang terbentang pada areal ketinggian 1500-2000 m di atas permukaan laut.

Temperatur udara bervariasi antara 14,5 derajat Celcius sampai dengan 24,5 derajat Celcius. Dalam setahun rata-rata curah hujan adalah 1.900 mm dan dalam sebulan terdapat kurang lebih 16 hari hujan.

Musim kemarau dan musim penghujan sulit dibedakan. Berdasarkan data, bulan Maret adalah bulan dengan curah hujan terbesar, sedangkan curah hujan terendah ditemukan pada bulan Juli.

Kabupaten Nduga yang beribukota di Kenyam terbagi dalam 36 Desa 8 Kecamatan, Diantaranya Kecamatan Wosak, Kecamatan Kenyam, Kecamatan Geselma, Kecamatan Mapenduma, Kecamatan Mugi, Kecamatan Yigi, Kecamatan Mbuwa, dan Kecamatan Gearek.

Lokasi terdekat dari  Kabupten Nduga, ibukota Kabupaten Kenyam ke sejumlah kampung itu berjarak 2-3 jam perjalanan kaki.

Sementara jarak terjauh mencapai satu hari perjalanan dengan cara berjalan kaki. Untuk mencapai Kabupaten Nduga dapat ditempuh sekitar lima jam perjalanan melalui darat dari Wamena. [154/L-8]

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: