DOKTER BELANDA BERHASIL OPERASI 21 PASIEN UROLOGI

 

DOKTER BELANDA BERHASIL OPERASI 21 PASIEN UROLOGI

Komentar “Sunny” <ambon@tele2.se>, in :  <ppiindia@yahoogroups.com>, Nov.26, 2015: 

“Kalau Maluku mempunyai hubungan baik dengan Timor Leste, di masa depan bisa mendatangkan dokter dari Timor Leste, karena dewasa ini telah kembali 700 dokter dari pendidikan mereka di Cuba. Jadi kemungkinan minta bantuan dari tetangga akan bisa lebih mudah. Bandingkan dengan propinsi Maluku yang kurang lebih sama jumlah penduduknya dengan Timor Leste, tetapi Maluku selama 70 tahun merdeka-merdeka hanya mempunyai dokter tidak lebih 20 orang.  Selain itu  dengan bantuan pemerintah Cuba telah didirikan sekolah kedokteran di Timor Leste. 400 mahasiswa terdaftar pada sekolah ini. Ada berapa sekolah kedokteran di propinsi-propinsi di Indonesia Timur?  Jangan dilupakan bahwa Timor Leste (Timor Timur) dulunya propinsi  ke 27 dari NKRI dan baru merdeka dari penjajahan pada tahun 2002.”

 

http://www.siwalimanews.com/post/dokter_belanda_berhasil_operasi_21_pasien_urologi

 

Friday, 20 November 2015Dokter Belanda Berhasil Operasi 21 Pasien Urologi

Ambon – Selama dua hari, tim dokter dari Belanda  berhasil melakukan operasi bagi 21 pasien urologi secara gratis, bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haulussy.  Kadis Kesehatan Kota Ambon, Teresya Thory kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (19/11) membenarkan, kalau tim dokter dari Belanda berhasil melakukan operasi kepada 21 orang pasien urologi.

“Jadi, nanti ada sekitar dua minggu kegiatan sosial dilakuan oleh para dokter dari Belanda untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Ambon khususnya penyakit urologi,” kata Torry.

Dikatakan, para dokter yang datang merupakan dokter yang ahli dan profesional di bidangnya dan pelayanan yang digunakan juga dari Belanda. “Kita harus bersyukur karena dari kerja sama yang dibangun Pemerintah Kota  Ambon dengan Pemerintah Belanda di bidang kesehatan masyarakat mendapatkan manfaatnya,” ujar Torry.

Olehnya ia meminta kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan diri karena pemerintah tidak menutup pendaftaran bagi warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Siapa saja bole mendaftarkan diri karena kegiatan para dokter selama dua minggu dan sangat rugi kalau ada masyarakat yang menderita penyakit ini tidak mau mendapatkan operasi gratis,” pinta Torry.

Di tempat yang sama, Walikota Vlissingen Belanda, Albert Vader menambahkan, dirinya sudah melihat langsung para pasien yang mendapat penanganan medis oleh para dokter akhli dari Belanda.

“Saya baru pertama kali mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung operasi urologi yang dilakukan oleh tim dokter dan itu saya lihat di Ambon. Dan saya tahu para dokter berkerja dengan baik untuk menolong para pasien,” ujar Vader.

Operasi ini kata Vader, menjadi bahan bagi para dokter di Ambon untuk belajar dan mentransfer teknologi yang diberikan oleh para dokter dari Belanda

“Dengan kunjungan tadi, saya berharap para dokter di sini bisa belajar dari para dokter dari Negeri Belanda untuk bagaimana menangani penyakit seperti ini dan bagaimana penerapan teknologi agar ketika ada pasien seperti ini mereka lebih siap,” harap Vader.

Sedangkan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menambahkan, kerja sama antara Pemkot Ambon dengan Pemerintah Belanda khususnya Vlissingen sudah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin dari Pemerintah Belanda dengan mengirimkan para dokter ke Ambon untuk memberikan operasi gratis,” jelas Louhenapessy.

Ditambahkan, awal tahun depan para dokter dari Belanda juga akan datang dan memberikan operasi gratis khusus bagi para penderita penyakit mata.

“Jumlah penyakit mata di Ambon relatif tinggi dan Pemerintah Belanda yang melihat hal itu bersedia memberikan para dokternya ke Ambon untuk melakukan misi sosial untuk membantu warga Kota Ambon,” pungkasnya. (S-39)

__._,_.___

Posted by: “Sunny” <ambon@tele2.se>

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: