TOLAK IKUT SERANG SURIAH, RUSIA APRESISASI PARLEMEN INGGRIS

TOLAK IKUT SERANG SURIAH, RUSIA APRESISASI PARLEMEN INGGRIS
Jumat, 30 Agustus 2013 | 18:04 WIB
AFP PHOTO / HO / LOCAL COMMITEE OF ARBEEN Jenazah diletakkan di kamar mayat darurat yang diklaim tewas dalam serangan gas beracun oleh pasukan pro-pemerintah di Ghouta timur, di pinggiran Damaskus, 21 Agustus 2013. Kelompok oposisi Suriah menuduh rezim membantai 1.300 orang dalam serangan senjata kimia.

MOSKWA, KOMPAS.com — Pemerintah Rusia, Jumat (30/8/2013), menyambut baik keputusan parlemen Inggris yang menolak keterlibatan militer negeri itu dalam rencana serangan ke Suriah.

Penasihat masalah luar negeri Presiden Vladimir Putin, Yuri Ushakov, mengatakan, keputusan parlemen Inggris menunjukkan kesadaran publik terkait betapa buruknya dampak serangan terhadap rezim Presiden Bashar al-Assad.

“Keputusan parlemen Inggris itu mencerminkan pendapat sebagian besar warga Inggris dan Eropa,” kata Ushakov.

Ushakov menambahkan, serangan ke Suriah tanpa persetujuan PBB akan merusak tatanan dunia yang ada saat ini, yang berbasis di sekitar Dewan Keamanan PBB tempat Rusia menjadi salah satu negara anggota tetap.

“Semua tindakan tanpa restu DK PBB, akan merusak sistem yang terpusat pada peran penting PBB,” tambah Ushakov.

“Selain itu, dengan serangan militer maka situasi di Suriah dan Timur Tengah tidak akan menjadi lebih stabil dan tenang,” ujar dia.

Ushakov juga kecewa terhadap keputusan Washington yang tidak berbagi informasi intelijen sehingga membuat AS yakin bahwa rezim Assad yang berada di belakang serangan senjata kimia pekan lalu.

“Sebagian orang memercayai informasi yang diperoleh AS, namun karena kami tidak memiliki informasi ini maka kami tidak memercayainya,” pungkas Ushakov.

Editor : Ervan Hardoko
Sumber : AFP

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: