SE KEBENCIAN UNTUK MEMBUNGKAM SUARA KRITIS?

KontraS Minta SE Kebencian Tidak Dikriminalisasi
Christie Stefanie, CNN Indonesia Selasa, 03/11/2015 11:09 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar berpendapat adanya kemungkinan Surat Edaran Penanganan Ujaran Kebencian digunakan untuk membungkam suara kritis di masyarakat.

“Saya pikir itu bisa saja terjadi. Tapi kalau sampai terjadi ini jelas salah kaprah,” ujar Haris saat dihubungi, Selasa (3/11).

Lihat juga:KontraS Pertanyakan Kemampuan Polisi Realisasi SE Kebencian

Menurutnya, kritik dan anjuran kebencian secara kasat mata memang nampak serupa, mengandalkan pendapat. Namun, dia menekankan keduanya merupakan hal yang jelas-jelas berbeda.

Lihat juga:DPR Soroti Surat Edaran Kebencian

Karenanya, dia mengimbau aparat kepolisian untuk benar-benar mampu dan profesional dalam menjalankan surat edaran itu. Sehingga, kepolisian dapat menegakkan hukum atas kejahatan dan kebencian yang secara situasional terjadi pada kelompok minoritas di Indonesia.

“SE seharusnya bukan untuk membungkam suara kritik. Kalau digunakan untuk kritik yang sering muncul, adalah kriminalitas,” katanya.
Lihat juga:Netizen Masih Perlu Edukasi Soal ‘Menyebar Kebencian’
Surat edaran mengatur agar polisi dapat memonitor dan mendeteksi timbulnya pertikaian di masyarakat, melakukan pendekatan pada pihak yang mengujar kebencian, mempertemukan pihak yang melakukan dan menjadi korban ujaran kebencian, dan mencari solusi perdamaian.

Apabila tidak dapat diredam, maka polisi dapat mengupayakan penegakan hukum sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), UU Nomor 22 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, UU Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial dan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2013 tentang Teknis Penanganan Konflik Sosial. (bag)

http://www.cnnindonesia.com/nasional/20151103110945-12-89101/kontras-minta-se-kebencian-tidak-dikriminalisasi/

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: