180.000 AKUN AKAN DITELUSURI PENYIDIK

Sebanyak 180.000 Akun Ini Akan Ditelusuri Oleh Penyidik

SMEAKER.COM – Pasca Penerbitan Surat Edaran dari Kapolri denganNomor SE/06/X/2015 tentang ujaran kebancian atau hate Speech. Kepolisian sudah mendeteksi sebanyak 180.000 akun di Media Sosial yang diduga menyebarkan ujaran kebancian. Surat ini penyidik stengah menelusuri Para Pemilik Akun yang menyebarkan Hate Speech tersebut.

Kepala Kepolisian Jendral badrodin Haiti mengatakan Anggotanya telah mengantongi sebanyak 180.000 akun yang diduga tersebut namun masih menemukan 1 dari sekian banyak Akun yang menyebarkan Hate Speech tersebut.

Rata – rata akun yang melakuakn Hate Speech tersebut merupakan akun yang anonym atau tak menyebutkan nama dan Identitas pemilik akun dengan jelas.

Untuk mengatahui Niatan jahat dari pemilik akun Badrodin Haiti mengatakan dapat dilihat dari akun yang dimiliki. Jika tidak memiliki Niatan jahat mengapa harus mengguanakan akun yang gtak menyebutkan Nama dan identitas asli saja.

Jiak yang bersangkutan dalam prosesnya tetap melakukan hal yang serupa, selanjutnya Jendral bqdrodin Haitiakan menyatakan bahwa barulkah polisi akan melakukan Tindakan Hukum. Hal ini sesau dengan pediman Surat Edaran tersebut.

Badrodin Melanjutkan Penyidik Polri bisa menelusuri Pihak dibalik akun media Sosial yang mengandung unsur Penghinaan menyebarkan berita bohong, serta pencemaran nama baik dan Fitnah.

Pemrosesan pemilik akun yang melakuaknhate Speech ini untuk mengendalikan Tindakan dan Penghinaan yang dilakukan oleh Netizen yang tak bertanggung jawab.

Badrodin juga mengemukakan pembuatan SE tersebut mengacu pada Kitab Undang – Undang Hukum Pidana (KUHP) Yang berlaku, dia menyebutkan dalam ketentiannya Pidana Telah menanti seseorang yang menyebarkan Ujaran kebancian atau Hate Speech antara kain di Pasal 56, 57, 310, 311.

Penanggungan Ujaran Kebencian atau Hate Speech Ini juag termuat dalam UU ITE. Dari Hal tersebut Polisi bisa menindak pelaku Hate Speech itu jika ada laporan (delik aduan) atau bisa saja memanggil lalu mengecek pihak-pihak yang terindikasi melakukan hal itu.

Badroduin mengatakan bahwa Pelaku ini tidak akan langsung diproses secara Hukum, Ia akan memanggil pihaknya akan mempertimbangkan siapa Tersangka Tersebut , kenapa melakukan Ujaran Kebencian. Lalu ia akan mengingatkan Dampaknya. Menurutnya hal ini merupakan Upaya Preventif yang dilakukan oleh Pihaknya.

http://smeaker.com/nasional/8461/berita-hari-ini-180-000-akun-ini-ditengarai-sebarkan-ujaran-kebencian-hate-speech-salah-satunya-akun-anda/

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: