SATU TAHUN JOKOWI-JK, PMII GELAR AKSI SERENTAK SELURUH INDONEISA

 
SATU TAHUN JOKOWI-JK, PMII GELAR AKSI SERENTAK SELURUH INDONEISA
Senin, 19 Oktober 2015, 00:37 WIB
 Massa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan BBM dengan membakar ban bekas di depan kantor ESDM, Jakarta, Selasa (18/11).   (Republika/ Yasin Habibi)
Massa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan BBM dengan membakar ban bekas di depan kantor ESDM, Jakarta, Selasa (18/11). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Senin (19/10) akan menggelar aksi memperingati satu tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Aksi akan dipusatkan di depan Istana Presiden.

“Aksi ini sebagai komitmen dan memastikan pemerintahan tetap efektif,” ujar Sekretaris Jenderal PB PMII, Abdul Haris Wally dalam rilisnya kepada Republika.co.ud, Ahad (18/10).

Menurut Haris, aksi ini tidak hanya dilaksakan di Jakarta. Namun, secara serentak akan dilaksanakan oleh kader PMII di seluruh Indonesia dengan lokasi aksi di kantor Gubernur, Wali Kota, dan Bupati di daerah masing-masing.

Haris menilai, selama satu tahun, banyak catatan yang perlu diperbaiki oleh pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Harapan besar yang pernah dijanjikan oleh Jokowi hingga kini masih jauh dari kenyataan.

Hal tersebut terbukti dengan persoalan ekonomi yang belum stabil dengan masih melemahnya nilai tukar rupuah terjadap dolar Amerika. Termasuk hukum dan politik yang juga belum stabil.

Selain itu, lanjut Haris, PMII juga menilai penyerapan anggaran di beberapa pos kementerian masih rendah. Hal itu mendandakan, pemerintah saat lamban dalam menjalankan persoalan anggaran sehingga berdampak terhadap perekonomian.

“Kedepannya butuh kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran,” kata Haris.[]

10 TUNTUTAN PMII DALAM AKSI SATU TAHUN JOKOWI-JK

Senin, 19 Oktober 2015, 01:56 WIB

Antara
Kader PMII Melakukan Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM di DPR
Kader PMII Melakukan Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM di DPR


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan menggelar aksi secara serentak di seluruh Indonesia untuk memperingati satu tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, Senin (19/10). Di Jakarta, aksi akan digelar di depan Istana Presiden.

Sekretaris Jenderal PB PMII, Abdul Haris Wally mengatakan, banyak catatan pemerintahan Jokowi-JK selama satu tahun ini. Mulai dari persoalan ekonomi, hukum hingga politik.

“Permasalahan-permasalahan yang dihadapi harus diatasi dengan kebijakan yang tepat sasaran dan bersifat jangka panjang,” ujarnya dalam rilisnya kepada Republika.co.id, Ahad (18/10).

Terdapat 10 tuntutan dalam aksi serentak nanti. Menurut Haris, pemerintah harus meninjau ulang proyek pembangunan infrastruktur yang berasal dari hutang luar negeri. Selain itu, pemerintah juga diminta dapat menstabilkan nilai tukar rupiah.

PMII juga mendesak agar pemerintah tidak melakukan impor pangan. Hal tersebut guna mewujudkan cita-cita Jokowi yang ingin Indonesia berswasembada pangan. Termasuk desakan agar serapan anggaran dipercepat.

Persoalan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan juga menjadi perhatian PMII. Sebab itu, pemerintah juga diminta tegas mencabut izin perusahaan yang melakukan pembakaran hutan dan lahan.

PMII juga meminta agar perubahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dipercepat. Di bidang pendidikan, PMII meminta agar pendidikan agama diperkuat disetiap jenjang pendidikan. “Akses pendidikan harus dipermudah bagi masyarakat tidak mampu,” ucap Haris.

Kerusuhan yang mengatasnakamakan agama belakangan ini juga menjadi perhatian. Karena itu, lanjut Haris, pemerintah harus menjamin hak beragama setiap warga negara. Termasuk mengusut tuntas konflik yang terjadi di Tolikara Papua dan Aceh Singkil [].

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: