‘KENAPA SULIT SEKAALI MENANGKAP PEMBAKAR HUTAN?’

Sabtu, 05 September 2015, 23:28 WIB
‘KENAPA SULIT SEKAALI MENANGKAP PEMBAKAR HUTAN?’
Henky Mohari/Antara
Kebakaran hutan
Kebakaran hutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay mendesak aparat kepolisian untuk segera menangkap pelaku pembakaran hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan karena diduga kebakaran tersebut merupakan kesengajaan.

“Kebakaran terjadi setiap tahun. Saya menduga ada oknum-oknum yang sengaja membakar hutan untuk mempermudah perluasan lahan perkebunan,” kata Saleh Partaonan Daulay, Sabtu (5/9).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan kalau memang tujuan pembakaran hutan itu untuk memperluas lahan, seharusnya mudah diketahui siapa pelakunya.

“Setelah api padam, mereka yang mau membuka atau memperluas lahan perkebunan akan datang ke bekas kebakaran itu. Aparat kepolisian tentu dengan mudah untuk menyelidiki keterlibatan mereka,” tuturnya.

Menurut Saleh, pembakaran hutan bisa dikategorikan sebagai tindakan kriminal. Sudah semestinya pihak kepolisian mengungkap dan membawa para pelakunya ke pengadilan.

“Kenapa sulit sekali menangkap pelakunya? Apakah ada ‘orang besar’ yang menjadi ‘backing’ mereka?” katanya.

Saleh mengatakan pertanyaan semacam itu tidak mungkin muncul bila ada pelaku yang ditangkap. Namun, sampai sejauh ini belum terdengar ada pelaku yang ditangkap padahal, kebakaran hutan terjadi setiap tahun.

“Kepolisian kita kan hebat. Pelaku teroris, gembong narkoba, dan pelaku kejahatan lain biasanya cepat ditangkap. Nah, kita berharap agar pelaku kebakaran hutan ini juga segera ditangkap dan diadili,” ujarnya.[]

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: