EMIL SALIM KRITISI PROGRAM KERETA CEPAT

ANTARA News

Emil Salim Kritisi Program Kereta Cepat

Kamis, 27 Agustus 2015 13:00 WIB
Emil Salim kritisi program kereta cepat

Dokumentasi sejumlah penumpang berjalan seusai turun dari kereta Commuter Line jurusan Jakarta-Bogor di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/7) Di tengah pemerataan dan interkoneksi sistem transportasi massal yang belum terwujud, pemerintah mewacanakan membangun jaringan kereta api cepat Jakarta-Bandung. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

… Apakah pembangunan ini high priority?…

Jakarta (ANTARA News) – Ahli ekonomi senior, Prof Dr Emil Salim, mengritisi rencana program kereta cepat Jakarta-Bandung tidak sejalan dengan upaya pemerintah mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat. Jika kereta api cepat dengan biaya sekitar Rp60 triliun ini jadi beroperasi, waktu tempuh Jakarta-Bandung cuma 34 menit saja.

Pada sisi lain Tanah Air, masyarakat masih banyak yang belum bisa menikmati air bersih dan energi listrik.

Dalam Seminar Nasional XXVI Asosiasi Ilmu Politik Indonesia, di Gedung LIPI, Jakarta, Kamis, Salim mengatakan, program kereta cepat tidak lebih prioritas jika dibandingkan dengan pembangunan “tol laut”.

“Saya menyambut baik ‘tol laut’, tapi di tengah-tengah program ‘tol laut’ muncul kereta api cepat di Jawa,” kata pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Indonesia itu.

Dia mengatakan, pembangunan kereta cepat tidak memiliki pengaruh yang besar jika dibandingkan dengan “tol laut” yang jangkauannya sangat luas.

Investor asing –Jepang dan China alias Tiongkok– dia anggap hanya menyasar proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya karena sekali mendapatkan proyek Jakarta-Bandung maka otomatis proyek yang lebih besar akan terealisir karena sistem operasionalnya akan sama.

“Investasi ini menyangkut pula pembangunan infrastruktur telekomunikasi, kereta, rel, dan lain-lain. Apakah pembangunan ini high priority?,” kata Salim.

Dia cenderung lebih mendukung program pemerintah yang mampu mengatasi ketimpangan sosial, mengingat 82 persen sumbangan PDB masih berasal dari Jawa, Sumatera dan Bali, dua persen dari Papua, dan 18 persen dari wilayah lain.

“Di mana suara partai yang sering mendengungkan mengenai keadilan sosial,” kata Salim, yang menjadi salah satu think tank ekonomi pemerintahan Orde Baru, yang terkenal dengan stabilitas dan pertumbuhannya itu.

Beberapa pertimbangan pemerintah dalam menentukan mitra proyek kereta cepat antara lain kebutuhan investasi, penerapan teknologi, penggunaan tingkat kandungan dalam negeri, harga tiket kepada penumpang, dan juga potensi efek ekonomi yang dihasilkan.

Proyek kereta api cepat Indonesia yang diwacanakan sekelas Shinkansen dengan kecepatan 300 kilometer per jam akan melayani rute Jakarta-Bandung.

Namun, dalam dokumen studi kelayakan Jepang, terdapat wacana rute kereta cepat ini juga akan melayani konektivitas ke Cirebon, bahkan hingga Surabaya.

Untuk rute Jakarta-Bandung, kereta cepat akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari dua hingga tiga jam menjadi sekitar 34 menit.

Jepang sudah terlebih dahulu melakukan studi kelayakan tahap pertama dan menyerahkan proposal kepada pemerintah. Menurut data Bappenas, dari proposal Jepang diketahui biaya pembangunan rel dan kereta cepat sebesar 6,2 miliar dolar AS.

Sedangkan, China melakukan studi kelayakan, setelah Jepang. Proposal China senilai 5,5 miliar dolar AS.

Kompetisi Jepang dan China soal ini sangat gencar, termasuk memasang materi berita-iklan secara jor-joran di banyak media massa dan pameran di mal-mal ternama Jakarta.

Editor: Ade Marboen

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: