BIKIN SITUS RP.140 M, PUTRI MEGA DIKECAM

Bikin Situs Rp 140 M, Putri Mega Dikecam

 New Google +0  0  0  0  0
megawati soekarnoputri

TRAH SOEKARNO: Puan Maharani (kanan) saat mendampingi Megawati Soekarno Putri dalam kegiatan partai.

indopos.co.id – Putri dari Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, yang kini menjabat Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) medapat sorotan. Puan membuat program nyeleneh, yakni membikin situs web yang kabarnya senilai Rp 140 miliar.

Peluncuran situs bernama revolusimental.go.id untuk mengkampanyekan gerakan revolusi mental yang pernah digagas oleh Presiden Joko Widodo ini, dikecam peneliti Indonesia Institute for Development and Democracy (Inded) Arif Susanto. “Bagi saya ini program gila. Bukannya bikin sejahtera rakyat, kok malah bikin situs web ‘kacangan’ yang nilainya sampai Rp 140 M,” kecam Arif melalui indopos.co.id Jakarta, kemarin (26/8).

Selama ini telah ada media serupa yang ditujukan sebagai wadah menampung aspirasi dan keluhan rakyat. Namun nyatanya tidak efektif. Dibandingkan membangun situs baru, mengapa tidak mengefektifkan yang telah ada?” cetusnya. Dia menegaskan, sangat menggelikan keberadaan situs revolusimental.go.id ini hanya dimaksudkan untuk menjadi sumber informasi tentang revolusi mental.

Kecaman juga datang dari Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Gerindra (F-Gerindra) Elnino M Husein Mohi. Untuk membuat situs untuk kebutuhan internal tersebut tidak sampai menghabiskan anggaran sebesar Rp 10 juta.

“Untuk website abal-abal semestinya tidak sampai Rp140 miliar dan semua juga bisa bikin website abal-abal dengan gratis dan kalaupun bayar, ya tidak sampai Rp 10 juta lah. Mental mark-up seperti itulah salah satu yang mesti direvolusi,” kata Elnimo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin (26/8). (dil)

– See more at: http://www.indopos.co.id/2015/08/bikin-situs-rp-140-m-putri-mega-dikecam.html#sthash.8dXdb52R.dpuf

Diresmikan Puan, Website Revolusi Mental Tak Bisa Diakses

 7 Google +0  0  0  0  0
Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI Puan Maharani menghadiri Debat Cawapres 2014 di Jakarta, Minggu (29/6). Debat tersebut mengangkat tema Pembangunan Sumber Daya Manusia serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Foto : Ricardo/JPNN.com

Puan Maharani. Foto : Ricardo/JPNN.com

indopos.co.id – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Senin (24/8) kemarin, resmi meluncurkan situs Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Website yang beralamat di www.revolusimental.go.id ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan masukan, kritikan dalam hal revolusi mental.

Baru sehari diluncurkan website ini tidak bisa diakses dan terdapat keterangan server overload serta terdapat tulisan dari admn website tersebut yang berisi permintaan maaf.

“Mohon Maaf. Karena antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, server kami mengalami overload. Untuk itu, kami sedang dalam proses upgrade server. Terima kasih untuk dukungan dan partisipasinya. Salam Revolusi Mental!,” bunyi tulisan itu saat diakses indopos.co.id, Rabu (26/8).

Munculnya peringatan sever overload disinyalir karena website revolusi mental tidak menggunakan fasilitas hosting yang memadai.

Dikabarkan website yang dibiayai oleh negara itu menghabiskan dana sebesar Rp 149 miliar, sebagaimana ramai dibicarakan para netizen di media sosial. (rmn)

– See more at: http://www.indopos.co.id/2015/08/diresmikan-puan-website-revolusi-mental-tak-bisa-diakses.html#sthash.qYbh8C8n.dpuf

Menko Puan Resmikan Website Program Gerakan Nasional Revolusi Mental

 12 Google +0  0  0  0  0
Puan Maharani

Puan Maharani

indopos.co.id – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meresmikan website program Gerakan Nasional Revolusi Mental www.revolusimental.go.id.

“Melalui website masyarakat bisa melihat program ini akan disosialisasikan dengan baik,” kata Puan di Jakarta, kemarin, sembari menjelaskan, konten website revolusi mental berisi beragam informasi.

“Mulai dari masalah perangkat hukum, model-model keteladanan, hingga pendapat dari tokoh nasional,” kata Puan.

Masyarakat, tambah dia, juga bisa memberikan saran dan kritik kepada Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Puan berharap website ini membuat masyarakat bisa lebih mengetahui banyak hal mengenai revolusi mental dan di masa mendatang website ini akan terus disosialisasikan dengan baik untuk masyarakat.

Selain itu, website ini juga dapat dijadikan sarana saling bertukar informasi menggalang kerja sama dalam membangun Gerakan Nasional Revolusi Mental.

“Tujuannya untuk merevolusi mental karakter bangsa Indonesia,” katanya.

Website revolusi mental juga akan terus memutakhirkan informasi-informasi tentang keteladanan dan cara-cara hidup berevolusi mental yang baik.

“Melalui website ini kami juga akan memonitor pelaksanaan gerakan revolusi mental di semua kementerian dan lembaga negara,” kata Puan. (rmn).

 

Ini yang Dilakukan Puan Maharani di Penjaringan

 4 Google +0  0  0  0  0
Puan Maharani

Puan Maharani

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di pemukiman nelayan di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (13/5). Dalam kesmpatan itu, Puan juga menjelaskan tentang program pro-rakyat yang menjadi andalan pemerintahan yang di pimpin Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu, Puan sempat berdialog dengan sejumlah pelajar anak-anak para nelayan. Ia menegaskan, setiap anak Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak. “Pemerintah sudah kasih Kartu Indonesia Pintar supaya anak-anak Indonesia bisa sekolah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, salah satu pelajar yang berdialog dengan Puan mengaku ingin jadi pilot. Puan pun memberi motivasi agar pelajar itu giat belajar karena pemerintah juga sudah menanggung biaya pendidikannya melalui KIP. “Kamu harus rajin belajar dan dapat rangking, ya,” pintanya.

Selain menjelaskan soal KPU, mantan ketua Fraksi PDIP DPR itu juga menjelaskan tentang KIS dan KKS. Menurutnya, ketiga program yang juga dikenal dengan sebutan Kartu Sakti Jokowi itu merupakan upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial ke rakyat.

“Kartu-kartu ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Sebagian besar dari warga kita jamin mendapatkan subsidi untuk pendidikan, kesehatan dan kartu keluarga sejahtera,” ujar Puan yang dalam kesempatan itu didampingi Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa dan Menteri Pendidikan Dasar Anies Baswedan.

– See more at: http://www.indopos.co.id/2015/05/ini-yang-dilakukan-puan-maharani-di-penjaringan.html#sthash.Wx3ys5D0.dpuf

– See more at: http://www.indopos.co.id/2015/08/menko-puan-resmikan-website-program-gerakan-nasional-revolusi-mental.html#sthash.6xk1h2B9.dpuf

Revolusi Mental untuk Kembalikan Ruh Aparatur Negara

 3 Google +0  0  0  0  0
Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi memberikan ceramah di sekolah pimpinan tinggi polri pendidikan reguler ke-24, Lembang, Bandung, Selasa (25/8). Ceramah ini mengambil tema meningkatkan kemampuan staf dan pimpinan tingkat tinggi melaluo revolusi mental guna menampilkan kehadiran negara dalam rangka terwujudnya kamdagri

Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi memberikan ceramah di sekolah pimpinan tinggi polri pendidikan reguler ke-24, Lembang, Bandung, Selasa (25/8). Ceramah ini mengambil tema meningkatkan kemampuan staf dan pimpinan tingkat tinggi melaluo revolusi mental guna menampilkan kehadiran negara dalam rangka terwujudnya kamdagri

indopos.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menegaskan pentingnya revolusi mental yang dicanangkan pemerintahan Jokowi – JK. Dengan revolusi mental akan mengembalikan ruh aparatur negara, sehingga tidak ada yang percuma dalam pembangunan.

Hal itu dikatakan Yuddy saat memberikan pembekalan kepada peserta Sekolah Pimpinan Polri Pendidikan Reguler (Sespim Polri Dikreg) ke-24 di Lembang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/8).

“Ibarat semprong, di luarnya bagus tapi dalamnya kosong. Revolusi  mental mengembalikan ruh itu,” ujarnnya, seraya menambahkan bahwa, dalam penataan SDM aparatur, saat ini pemerintah tengah melakukan perbaikan pada dua aspek, yaitu aspek promosi jabatan dan rekrutmen.

Sejalan dengan kebijakan tersebut, pendidikan seperti yang dilaksanakan di Sespim Polri ini merupakan kawah candradimuka. Setelah lulus dari sekolah ini, seluruh peserta semestinya mampu merevitalisasi  cara pandang dan niat baik, serta nilai-nilai kepemimpinan.

“Hal itu juga harus tercermin dalam keseharian,” imbuhnya.

Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi memberikan ceramah di sekolah pimpinan tinggi polri pendidikan reguler ke-24, Lembang, Bandung, Selasa (25/8). Ceramah ini mengambil tema meningkatkan kemampuan staf dan pimpinan tingkat tinggi melaluo revolusi mental guna menampilkan kehadiran negara dalam rangka terwujudnya kamdagri

Sebagai contoh, Menteri menunjuk anggota kepolisian harus mampu mendengar dan merespon tantangan zamannya, dan mengedepankan integritas, dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

Menurut Guru Besar FISIP Universitas Nasional Jakarta ini, revolusi mental diperlukan untuk memperbaiki birokrasi, dalam penataan strukur organisasi, penataan aparatur negara agar memiliki peran sebaik-baiknya.

“Tolok ukurnya adalah menurunnya komplain masyarakat,” tegas Yuddy.

Secara makro dapat dilihat bahwa saat ini kemudahan berusaha di Indonesia berada di ranking 114, sementara government indeks pada posisi 84 dari 120 negara. Secara makro, perekonomian juga belum baik.

“Ini memberikan sinyal bahwa tata kelola pemerintahan juga belum begitu baik. Sebagian masyarakat masih menilai birokrasi kita korup, tidak disiplin, sewenang-wenang,” ungkap Yuddy.

Tapi harus diakui bahwa diantaranya masih banyak aparatur negara, baik sipil, TNI maupun Polri, yang baik, yang disiplin, rajin, responsip, kompeten, dan berintegritas. Karena itu, Yuddy mengajak seluruh jajaran aparatur negara, terlebih peserta Sespim Polri Dikreg ke–24 ini untuk memperbaiki komitmen dan tekad setelah lulus dari kawah candradimuka.

“Tidak boleh gaduh dalam tubuh pemerintah. Mari kita melakukan yg tebaik sebagai dharma bakti kita. Bentuk rasa syukur kita atas karunia Tuhan,” ujarnya.

Sespim ini diikuti oleh peserta dari kalangan Polri, TNI,  Kejaksaan Agung, dan Kementerian Pertahanan. (rmn)

– See more at: http://www.indopos.co.id/2015/08/revolusi-mental-untuk-kembalikan-ruh-aparatur-negara.html#sthash.pijZY9vo.dpuf

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: