MAHASISWA YOGYA NYALAKAN LILIN SOLIDARITAS UNTUK PETANI URUT SEWU KEBUMEN

Rabu 26 Aug 2015, 23:29 WIB

Mahasiswa Yogya Nyalakan Lilin Solidaritas Untuk Petani Urut Sewu Kebumen

Edzan Raharjo – detikNews
Mahasiswa Yogya Nyalakan Lilin Solidaritas Untuk Petani Urut Sewu KebumenFoto: Edzan R
Yogyakarta – Konflik sengketa lahan antara warga dan TNI di wilayah Urutsewu, Kebumen mengundang keprihatinan banyak pihak. Apalagi peristiwa ini menyebabkan jatuhnya korban luka di kalangan warga.

Sebagai bentuk solidaritas, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Untuk Petani Urutsewu (SPUK) menggelar aksi di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Rabu (26/8/2015) malam.

Mereka menyalakan lilin, berorasi dan membaca puisi mengecam aparat TNI AD yang mereka nilai brutal terhadap petani Urutsewu. Akibat tindakan TNI AD ini banyak warga yang menjadi korban karena dipukuli, diinjak-injak dan ditakut-takuti dengan senjata.

Mahasiswa menuntut agar kasus kekerasan fisik petani dan warga Urutsewu di desa Wiromartan, kecamatan Mirit, Kebumen ini diusut tuntas. Menuntut agar aparat TNI AD yang melakukan kriminalisasi kepada warga di hukum berat. Menuntut agar Dandim Kebumen dicopot atas tindakan anak buahnya tersebut. Meminta agar pagar yang membatasi petani Urutsewu dari tanahnya dirobohkan.

“Selama ini kita sering melakukan aksi protes tapi tidak terekspose, baru setelah bentrok dieskpose. Kita ingin mengawal kasus ini,”kata peserta aksi Abdul Aziz di Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Mereka meninginkan lebih baik wilayah Urutsewu dijadikan sebagai kawasan wisata dan pertanian. Karena selama ini petani menanam berbagai tanaman seperti semangka, sehingga bisa dijadikan agrowisata.

Dalam aksinya, mereka membentangkan poster-poster diantaranya bertuliskan, ‘Ganjar Pranowo Kemana Saja Dirimu?!, ‘Tegakan kedaulatan petani Urutsewu,’ ‘TNI bukan penindas rakyat,’ dan lain-lain.
(ega/ega)

Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: