KEMISKINAN DI INDONESIA BERADA DI KAWASAN TIMUR

Kemiskinan di Indonesia Berada di Kawasan Timur

Ambon – Kemiskinan di Indonesia berada di Kawasan Timur. Sebagian besar masyarakat timur mengalami tingkat kemiskinan yang tinggi, terutama di wilayah perdesaan. Hal itu diungkapkan Gubernur Maluku Said Assagaff dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Pembangunan, Lutfi Rumbia dalam acara Rapat Koordinasi Rancangan Pedoman Pembangunan Kawasan Perdesaan Wilayah V yang berlangsung di Amaris Hotel Jalan Diponegoro Kecamatan Sirimau Kota Ambon Senin (24/8).

Rapat Koordinasi Wilayah V itu meliputi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT dan NTB. Gubernur mengatakan,  pembangunan desa merupakan bagian integral dalam pembangunan nasional dan bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat di semua sektor. Pasca penetapan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa yang bertujuan untuk percepatan pembangunan desa sesuai dengan program nawacita Presiden Joko Widodo,  yakni memulai pembangunan daerah dari wilayah pinggiran atau desa.

“Konsep ini bertujuan untuk percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” kata Gubernur.

Menurutnya, kawasan perdesaan membutuhkan tata ruang yang sistematis untuk dibangun sebagai wilayah perkotaan dan memulai perencanaan desa yang tepat akan melahirkan desa yang maju.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Zaenal Kwarin dalam laporannya menjelaskan, tujuan pembangunan kawasan perdesaan untuk percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa melalui pendekatan pembangunan partisipatif.

Kementerian Desa Daerah Tertinggal ternyata selama ini bekerjasama dengan Universitas Pattimura (Unpatti). Olehnya Rektor Unpatti, Thomas Pentury dalam sambutannya mengatakan, dengan dipilihnya Unpatti maka hal itu menjadi tanggung jawab universitas dalam menjalankan Tri Dharma pendidikan terutama pembangunan perdesaan. Pentury berharap, dengan Rakor tersebut dapat memberikan kontribusi bagi kawasan Timur Indonesia dalam mengembangkan desanya masing-masing. (S-40

– See more at: http://www.siwalimanews.com/post/kemiskinan_di_indonesia_berada_di_kawasan_timur#sthash.2ZPkM9CU.dpuf

Tuesday, 25 August 2015

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: