DI BALIK JULUKAN KOTA-KOTA DI INDONESIA

 Sinar Harapan Online

Interaksi Penghuni Kampus

Di Balik Julukan Kota-kota di Indonesia

Tiap sebutan untuk daerah-daerah ternyata punya ceritanya sendiri.

LINE it!
Di Balik Julukan Kota-kota di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dan mempunyai banyak kota maupun daerah yang kaya dengan suku dan budaya. Berbagai macam nama julukan kota pun ada di negeri ini. Tentu saja julukan tersebut tidak sembarangan dicantumkan untuk sebuah daerah. Pemberian julukan berbagai daerah tersebut tidam terlepas dari asal-usul dan sejarah yang mewakilinya.
Jadikan Jakarta sebagai contoh dengan sebutannya sebagai Kota Metropolitan. Pemberian julukan tersebut karena Ibu Kota memiliki banyak gedung pencakar langit yang tersebar di berbagai wilayahnya.
Hal sama terjadi untuk kota-kota lain di Nusantara. Selalu ada alasan di balik pemberian julukan tiap daerah tersebut. Berikut beberapa cerita di balik sebuah julukan yang dilabeli untuk berbagai daerah di negeri ini.
Surabaya, Kota Pahlawan
Julukan yang disematkan bagi kota ini tak lain karena kiprah Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan ketika tentara Sekutu kembali mendarat di Pulau Jawa. Perlawanan luar biasa pun ditunjukkan oleh arek-arek Suroboyo alias warga Surabaya. Julukan ini diberikan karena berkat tak gentarnya semangat para pemuda Surabaya, Sekutu berhasil dipukul mundur. Bahkan mereka saat itu seakan tak gentar melawan pasukan sekutu hingga berhasil dan berhasil menembak mati salah satu jenderal Sekutu. Bung Tomo yang mengobari semangat para pemuda Surabaya tidak lain adalah arek-arek Suroboyo juga.
Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Pelajar
Disebut sebagai kota pelajar karena Yogyakarta banyak menerima pelajar dari seluruh Indonesia dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara yang baru merdeka. Sekitar 20 persen penduduk produktif daerah ini adalah pelajar. Bahkan terdapat 137 perguruan tinggi di Yogyakarta. Nggak salah ya daerah istimewa ini mendapat julukan sebagai Kota Pelajar.
Banda Aceh, Kota Serambi Mekah
Sebutan sebagai Serambi Mekah untuk Aceh tidak lain adalah gelar yang penuh nuansa keagamaan, keimanan, dan ketakwaan. Tentu ada cerita dalam pemberian julukan ink. Alasannya karena Aceh adalah daerah perdana masuknya Islam di Nusantara. Kawasan ini juga pernah menjadi saksi sejarah berdirinya kerajaan Islam pertama dan terbesar di Indonesia, yakni Samudra Pasai.
Bandung, Kota Kembang
Selain disebut paris van java, Bandung juga kerap dijuluki sebagai Kota Kembang. Pemberian titel itu bermula pada tahun 1896. Saat itu, Bestuur van de Vereninging van Suikerplanters (Pengurus Besar Perkumpulan Pengusaha Perkebunan Gula) memilih Bandung sebagai tempat penyelenggaraan kongresnya yang pertama dengan menyediakan banyak kembang untuk menghibur para pengusaha gula tersebut. Seusai kongres, para tamu merasa puas dan dari mulut mulut, tersebarlah istilah dalam bahasa Belanda De Bloem der Indische Bergsteden atau bunganya kota pegunungan di Hindia Belanda. Dari sana muncul julukan Kota Kembang untuk Bandung kian menyeruak.
Madiun, Kota Gadis
Gadis yang dimaksud di sini adalah kepanjangan dari perdagangan, pendidikan, dan industri. Kegiatan perdagangan dan jasa merupakan sektor penyumbang terbesar pada perkembangan ekonomi di Kota Madiun. Subsektor yang memberikan konstribusi terbesar adalah perdagangan besar dan eceran. Hal ini tidak terlepas dari semakin maraknya pusat-pusat perbelanjaan di Kota Madiun. Jadilah julukan Kota Gadis menempel di daerah ini.
Masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang memiliki julukan yang unik. Tidak ada salahnya Penghuni Kampus mengulik asal-muasal julukan tersebut. Selain menambah pengetahuan, kecintaan terhadap bangsa bisa terpupuk dari kegiatan ini.
*Penulis adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia, Jakarta.
Editor: Teodora Nirmala Fau

– See more at: http://ipk.sinarharapan.co/index.php/ipk/read/150817007/di-balik-julukan-kota-kota-di-indonesia#sthash.bVcuZFvy.dpuf

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: