DPR TERCENGANG MENDENGAR PEMAPARAN MENTERI SUSI

DPR Tercengang Mendengar Pemaparan Menteri Susi

Britabagus.com, Jan 21, 2015  Nasional

Dalam rapat pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan (RAPBN-P) 2015 Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi sorotan. Paparan program-program kerja Susi diapresiasi para anggota dewan.
Komentar pertama datang dari Anton Sihombing dari Fraksi Partai Golkar.
susibgs
Ia mengaku kaget atas paparan Susi terkait pencurian ikan (illegal fishing) yang ternyata begitu marak terjadi di Indonesia. Disinyalir terdapat lebih dari 5.000 kapal asing pelaku illegal fishing.
“Kalau data itu benar, berarti sekjen, eselon I, dan Komisi IV DPR yang bekerja selama satu periode kemarin tidak ada kerjanya. Ngeri kali Bu Susi ini,” ungkap Anton di Gedung DPR/MPR/DPD, Jakarta, Rabu (20/1/2015).
Anton pun menginginkan data yang lebih rinci soal paparan yang disampaikan oleh Susi. Agar program untuk pengawasan dan penindakan terhadap aktivitas illegal fishing dapat didorong bersamasama.
Elviana, Anggota Badan Anggaran DPR dari Fraksi PPP, juga menyatakan dukungan terhadap upaya Susi memberantas para maling ikan. Namun, dia ingin agar anggaran untuk pos ini ditingkatkan.
“Bu Susi, saya dukung illegal fishing dituntaskan. Tapi saya tidak melihat anggaran yang menonjol untuk pengawasan. Harusnya ditonjolkan, Bu,” kata Elviana.
Mindo Sianipar dari Fraksi PDIP juga melontarkan pujian terhadap program kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan. Namun dia memberi PR kepada Susi, yaitu masih tingginya impor pakan ikan.
“Itu di kampung saya limbah sawit bisa digunakan untuk pakan. Bisa dipertimbangkan, Bu Susi,” ujar Mindo.
Mindo juga menyampaikan keheranannya terhadap Singapura yang menjadi eksportir ikan hias kelas wahid di dunia. Padahal ikan-ikan tersebut berasal dari perairan Indonesia.
“Singapura bangga dengan ekspor ikan hias, tapi 70%-nya dari Indonesia. Kita belum bisa berbuat apa-apa di sana,” tegasnya.[]

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: