PUTRA WIDJI THUKUL KEMBALI SUARAKAN KEADILAN LEWAT MUSIK

Logo

Fajar Merah (ANTARA/Rosa Panggabean)

Putra Widji Thukul Kembali Suarakan Keadilan Lewat Musik

Created on Friday, 21 August 2015 23:51

Jakarta, GATRAnews – Banyak yang sudah melupakan tragedi kemanusiaan di era orde baru. Kala itu, banyak aktivis pejuang kemanusiaan yang hilang. Satu di antaranya adalah Widji Thukul yang hingga hari ini belum diketahui keberadaannya. Hal ini membuat anak kandungnya, Fajar Merah menyimpan kesedihan yang teramat dalam. Kekecewaan bercampur kemarahan itu membuat Fajar melampiaskannya dalam seni.

Kali ini, Fajar bergabung dalam kompilasi musik bertajuk Prison Song Nyanyian yang Dibungkam. “Saya ikut untuk memaknai pergerakan anak muda. Saya senang banyak yang masih peduli terhadap korban tahanan politik di masa lalu,” ujar Fajar saat ditemui GATRAnews, Jum`at (21/8), di Goethe Institute, Menteng, Jakarta Pusat.

Fajar tampil bersama grup musiknya, bernama Merah Bercerita. Lewat musik, Fajar ingin menyuarakan kemarahannya lewat lagu. Dia berharap, musik yang diciptakannya mampu membangkitkan semangat perjuangan kaum muda untuk memberantas ketidakadilan yang masih terjadi di Indonesia. “Kenapa takut? Saya ingin memancing anak muda untuk berani mengungkap. Musik adalah media populer yang bisa didengarkan,” terangnya.

Mengenai tragedi yang menimpa ayahnya, Fajar mengaku sudah berhenti berharap untuk menyelesaikan kasus itu. Pemuda berambut gondrong ini mencoba bangkit menghadapi kenyataan lewat karyanya. “Saya sudah berhenti berharap, kasus itu nggak bisa terungkap. Saya juga nggak mau dianggap sebagai anak korban yang minta dikasihani,” tukas Fajar.


Reporter: RAB
Editor: Edward Luhukay

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: