MUSIK LAUT PEREKAT BANGSA

Musik Laut Perekat Bangsa

Minggu, 09 Agustus 2015 Penulis: Iwa/M-2

GELOMBANG laut sesekali ‘baku hantam’. Musim angin timur sedikit membuat perlawatan menggunakan moda transportasi speed boat terasa mendebarkan.

Perjalanan selama 1 jam 20 menit dari Kota Ambon akhirnya sampai jua di Haria, sebuah desa pelabuhan, di Pulau Saparua, Maluku Tengah, Maluku.

Selama perjalanan, hamparan pasir putih, pohon kelapa, dan tebing karang menjadi pemandang-an menyegarkan. Suara musik khas Ambon pun terus mengalun keras di atas speed boat.

Keberadaan Maluku sebagai daerah kepulauan memberikan surga tersendiri. Di daerah itu musik sangat berkembang pesat. Tak mengherankan jika pemerintah setempat telah memproklamasikan Ambon sebagai City of Music.

Ada sebuah genre musik laut yang sudah menjadi bagian dalam budaya lokal mereka, yakni musik hawaiian Ambon.

“Pasca-Perang Dunia II, banyak musikus Ambon mencampur musik lokal dengan Barat. Ini melahirkan musik baru yang kita kenal dengan musik laut di Ambon,” ujar Pieter Jacob Pelupessy, peneliti dari Universitas Pattimura, Ambon.

Keberadaan musik laut di Ambon sangat kental dengan unsur gitar steel hawaiian. Tiga tokoh senior musik itu pun masih eksis. Mereka ialah musikus Bing Leiwakabessy dan Izzach Souisa, serta penyanyi Zeth Lekatompessy.

Mereka memiliki album, tetapi masih besifat indie karena hampir seluruhnya direkam di studio-studio lokal.

Tidak hanya di daerah kepulauan Maluku, musik laut pun juga menjadi ciri khas bagi masyarakat yang hidup di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Pulau Flores dan Rote, NTT, keberadaan musik laut kental terasa. Musisi indie banyak terlahir dari sana. Sebut saja Ivan Nestorman dan Illo Djeer. Ivan, misalnya, sudah berlanglangbuana jauh, mulai Australia hingga Belanda.

“Saya tidak pernah malu menggunakan bahasa daerah karena itu ciri khas negeri bahari untuk perekat bangsa,” tutur pelantun Mata Leso Ge itu.[]

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/14219/Musik-Laut-Perekat-Bangsa/2015/08/09

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: