FELICIA PEMBAWA BAKI BENDERA PUSAKA

Ditanya Jokowi, Felicia Pembawa Baki Bendera Pusaka Bingung

Selasa, 18 Agustus 2015 | 11:48 WIB

http://nasional.kompas.com/read/2015/08/18/11482601/Ditanya.Jokowi.Felicia.Pembawa.Baki.Bendera.Pusaka.Bingung’ v:shapes=”_x0000_i1025″>

clip_image001

INDRA AKUNTO/KOMPAS.comPresiden Joko Widodo bersama anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Maria Felicia Gunawan di Istana Bogor.

BOGOR, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo terkesima dengan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Maria Felicia Gunawan, yang dipercaya sebagai pembawa baki bendera pusaka dalam upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia, Senin (17/8/2015).

Secara khusus, Jokowi meminta Felicia untuk menceritakan pengalamannya dalam acara silaturahim yang digelar di halaman Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/8/2015).

“Saya ingin (ada yang) maju. Saya ingin yang kemarin bawa baki bendera (upacara) pagi. Felicia ya, iya,” ucap Jokowi.

Setelah itu, siswi SMAK Penabur Gading Serpong yang akrab disapa Cia itu langsung menaiki panggung untuk memenuhi permintaan Jokowi. (Baca: Jadi Pembawa Baki Bendera Pusaka, Felicia Sempat Khawatir Terpeleset)

“Coba ceritain kenapa bisa kamu yang dipilih (sebagai pembawa baki bendera pusaka),” ucap Jokowi.

Cia langsung menyampaikan tahapan seleksi yang ia ikuti, mulai dari tingkat kabupaten/kota, ke tingkat provinsi, dan lolos untuk mengikuti seleksi di tingkat nasional.

“Ada dua pasang yang dikirim untuk ikut seleksi di tingkat nasional. Terus diambil sepasang untuk (menjadi) Paskibraka (nasional),” papar Cia.

clip_image002

DANY PERMANAAnggota Paskibraka pembawa baki Bendera Merah Putih Maria Felicia Gunawan (tengah) bertugas dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-70 RI di Istana Merdeka, Senin (17/8/2015). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

Jokowi masih belum puas dengan jawaban Cia. Ia kembali meminta Cia mengungkapkan alasan yang menjadikannya terpilih sebagai pembawa baki bendera pusaka.

“Kamu kok bisa dipilih jadi pembawa (baki) bendera pusaka? Yang lain kan banyak, kenapa kamu yang dipilih?” tanya Jokowi.

Cia tampak kebingungan menjawab pertanyaan tersebut. Menurut dia, pertimbangan pemilihan merupakan wewenang penanggung jawab Paskibraka dan sifatnya sangat rahasia. (Baca: Kegugupan Anggota Paskibraka yang Berbuah Manis)

“Saya rasa kakak-kakak pelatih punya pertimbangan, kriteria yang cocok sebagai pembawa baki. Saya bersyukur bisa mewakili teman-teman. Kenapa saya terpilih? Saya jujur juga tidak bisa menjawab karena teman-teman saya yang lain juga layak membawa baki tersebut,” jawab Cia sambil tersenyum.

“Saya senang yang jujur-jujur. Ya sudah, kembali (duduk),” timpal Jokowi.

Pertanyaan yang sama juga disampaikan Jokowi kepada anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera pusaka, Briand Vinsend Power Felle, siswa SMAN 1 Sentani, Papua.

clip_image003

TRIBUNNEWS / DANY PERMANAPasukan Paskibraka bertugas menaikan Bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-70 RI di Istana Merdeka, Senin (17/8/2015).

Sama halnya dengan Cia, Briand juga tidak mampu menjawab ketika ditanya mengenai alasan yang membuat dirinya terpilih sebagai pengibar bendera.

“Kamu juga tidak tahu kenapa bisa terpilih?” kata Jokowi. Briand pun mengangguk.

Acara silaturahim ini dihadiri semua anggota Paskibraka 2015, didampingi pembina, penanggung jawab, tim medis, dan tim perias Paskibraka. (Baca: Anggota Paskibraka Digembleng demi Kebanggaan)

Selain itu, acara silaturahim juga dihadiri Pasukan Kehormatan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian serta Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara. Para figur teladan serta berprestasi juga turut hadir, misalnya juara olimpiade, petani berprestasi, dan kepala desa berprestasi.

“Yang hadir di sini adalah para teladan nasional. Artinya, putra-putri terbaik yang sudah dipilih. Saya bangga sekali pada pagi hari ini bisa bertemu,” pungkas Jokowi. []

Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: