BINTANG BULAN WARNAI HUT MoU

Bintang Bulan Warnai HUT MoU

Minggu, 16 Agustus 2015 15:06

Bintang Bulan Warnai HUT MoU
Belasan mahasiswa UIN Ar Raniry berusaha menaikkan bendera bintang bulan di tiang kedua di halaman Gedung DPRA, Banda Aceh, Sabtu (15/8/2015. SERAMBI/BUDI FATRIA

* Letusan Senjata Gagalkan Pengibaran di DPRA

* Di DPRK Aceh Utara dan Lhokseumawe Sukses

BANDA ACEH – Peringatan 10 tahun perjanjian damai antara Pemerintah RI dengan GAM atau yang lebih dikenal dengan MoU Helsinki di Aceh, Sabtu 15 Agustus 2015 diwarnai pengibaran Bendera Bintang Bulan. Di halaman DPR Aceh di Banda Aceh, polisi menggagalkan pengibaran bendera tersebut dengan tembakan peringatan. Sedangkan di DPRK Lhokseumawe, sukses berkibar bergandengan dengan Merah Putih.

Upaya mengibarkan Bintang Bulan di halaman Gedung DPRA dilakukan oleh puluhan mahasiswa UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Sabtu (15/8) sore. Namun, personel Pengamanan Objek Vital (Obvit) Polresta Banda Aceh yang ditugaskan di lingkungan DPRA menggagalkan upaya tersebut dengan satu tembakan peringatan dari senjata laras panjang jenis SS1.

Pengamatan Serambi, rombongan mahasiswa yang telah berhasil menaiki tiang kedua di samping tiang utama untuk Bendera Merah Putih sudah mengikatkan Bendera Bintang Bulan ke tali, siap-siap untuk digerek. Polisi yang melihat gelagat tersebut langsung bernegosiasi dengan mahasiswa agar menghentikan rencananya. Namun upaya negosiasi gagal dan mahasiswa bersikukuh menaikkan Bintang Bulan sehingga polisi melepaskan satu tembakan peringatan ke udara. Letusan senjata menyurutkan rencana mahasiswa dan secepatnya melepaskan kembali bendera yang sudah sempat terikat di tali.

Mengantisipasi niat mahasiswa untuk menaikkan kembali Bintang Bulan, Satpam DPRA menarik tali simpul gerek hingga mencapai setengah tiang sehingga sulit untuk dijangkau oleh mahasiswa.

Sebelum ke DPRA, rombongan mahasiswa awalnya berkumpul dan berorasi di Bundaran Simpang Lima Banda Aceh sekitar pukul 14.55 WIB. Selanjutnya mereka long march ke DPRA yang berjarak hanya sekitar 500 meter.[]

Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: