10 TAHUN MoU HELSINKI

10 Tahun MoU Helsinki

Kamis, 13 Agustus 2015 13:29

Begitupun peran umara, dengan harapan senantiasa konsisten menjaga amanah dalam melayani dan memenuhi segenap hajat hidup masyarakat. Jangan pula, antara ulama dan umara di Aceh ikut tergelitik untuk saling melemahkan hingga mencari-cari jalan untuk berkonflik. Karena pada hakikatnya yang dikorbankan adalah masyarakat yang awam pengetahuan agama apalagi politik.

Hari-hari ke depan merupakan pembuktian bahwa Aceh mampu tampil lebih baik. Waktu 10 tahun merupakan modal historis, psikologis sekaligus terkandung nilai spiritual masyarakat Aceh untuk membangun daerahnya. Ingatlah bahwa ketika akan menutup lembaran masa transisi ini, Aceh masih menyisakan sejumlah masalah akut berdimensi sosial yang membutuhkan solusi penanganan segenap pihak untuk dituntaskan.

Publik Aceh masih akan menunggu bahwa persoalan reintegrasi dapat menemukan metode jitu untuk kelanjutannya. Dosa-dosa masa lalu, dapat direkonsiliasi untuk diungkap kebenarannya. Morat-maritnya ekonomi, yang memunculkan disparitas antara si kaya dan si miskin semoga dapat segera teratasi. Praktik korupsi, judi dan prostitusi sebagai biang keladi perusak moral pejabat negeri agar tidak semakin menjadi-jadi.

Demikian pula tindak kriminal, akibat peredaran senjata api dan bom-bom sisa konflik yang luput untuk dimusnahkan kiranya segera ditindak dan diadili. Hilangnya akal sehat remaja karena mengonsumsi narkotika yang tergolong tinggi di negeri ini, agar segera bisa terobati. Dirgahayu 10 Tahun MoU Helsinki.

* Muhammad Heikal Daudy, SH., MH., Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh. Email: heikal1985@gmail.com

Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: