POPULARITAS PEMERINTAH JOKOWI MENURUN SIGNIFIKAN

 

Tingkat Kepuasaan Masyarakat kepada Pemerintah Menurun Secara Signifikan
Suara Pembaruan, Jakarta, Minggu, 19 April 2015 | 14:28

[JAKARTA] Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil surveinya terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK selama enam bulan ini. Fakta yang ditemukan Poltracking setelah bertanya kepada 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia adalah tingkat kepuasaan masyarakat kepada pemerintahan Jokowi-JK semakin menurun secara signifikan, di bawah 50 persen.

“Sebanyak 48,5 persen publik menyatakan tidak puas dan hanya 44 persen mengatakan puas. Tingginya ketidakpuasaan publik itu masuk akal mengingat janji-janji pemerintahan Jokowi-JK dalam mengimplementasikan nawacita masih belum maksimal,” kata Direktur Poltrackingm  Hanta Yuda kepada wartawan di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/04).

Menurut Hanta turunnya tingkat kepuasaan masyarakat terhadap pemerintah tersebut paling besar dipengaruhi oleh faktor ekonomi. Survei yang dilakukan 23 hingga 31 Maret itu mengungkapkan kekecewaan publik terhadap kebijakan ekonomi pemerintah sebesar 66,6%, disusul dalam kebijakan hukum sebesar 55,6%, dan keamanan sebesar 50,7 persen.

“Hal tersebut disebabkan masalah kebutuhkan pokok menjadi masalah paling pokok yan dihadapi masyarakat saat ini seperti naiknya harga BBM, rendahnya daya beli masyarakat. Sedangkan di bidang hukum disebabkan adanya kisruh Polri-KPK dan internal parpol,” ujarnya.

Besok, tepat enak bulan masa pemerintahan Jokowi-Jk. Poltracking menegaskan dengan temuan survei tersebut, merupakan indikator di mana pemerintah, dalam hal ini Presiden Joko Widodo, perlu segera mengevaluasi kinerja kabinetnya. Program-program yang dijanjikannya pada saat kampanye pilpres seperti nawacita dan revolusi mental perlu segera direalisasikan.

“Selain itu pemerintah Jokowi perlu membangun komunikasi politik dengan baik. Karena boleh jadi rendahnya kepuasan publik disebabkan oleh tidak adanya komunikasi yang sinergis, sehingga tidak terjalin koordinasi yang mampu menghasilkan komunikasi publik yang efektif,” kata Hanta.

Poltracking melakukan survei tersebut menggunakan metode acak sederhana dengan toleransi kesalahan hingga 3%, pada tingkat kepercayaan 95%. [HIZ/N-6]

Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: