‘BLUE ENERGY’, HIPOTESA ATAU BENERAN?

‘BLUE ENERGY’, HIPOTESA ATAU BENERAN?

 

Rabu, 15 April 2015, 00:01 WIB Dr. Heather Willauer dari NRL menjelaskan teknologi berbahan bakar air
Dr. Heather Willauer dari NRL menjelaskan teknologi berbahan bakar air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Mungkin masih ada yang ingat mistery ‘blue energy’ yang pernah menjadi isu politik nasional.

 

 

Teknologi biru disebut menjadikan air sebagai bahan bakar sehingga akan menghasilkan energi murah meriah bagi bangsa manusia.

Tapi banyak yang skeptis dengan teknologi tersebut, beberapa inovator seperti Joko Suprapto, Dr Ghulam Sarwar dari Pakistan, Agha Waqar Ahmad atau Charles H. Garrett disebut hanya ‘tukang klaim’ alias hoax. (Baca: Dengan Teknologi Ini, Iran Diklaim Tundukkan ‘Drone’ AS)

Tapi ada juga yang berpendapat bahwa air dapat dijadikan bahan bakar dengan teknologi tertentu, sehingga topik ini sering berada antara isu hoax dengan kerahasiaan teknologi.

Russia Today, pada April 2014, melaporkan bahwa Angkatan Laut Amerika Serikat sudah menemukan teknologi yang mampu menjadikan air laut sebagai bahan bakar untuk kapal-kapal perang mereka.

Teknologi itu sedang dikaji oleh US Naval Research Laboratory’s (NRL) Materials Science and Technology Division, dan sudah diaplikasikan pada kapal berukuran kecil. Butuh penelitian 15 tahun untuk membuatnya dapat diaplikasikan untuk kapal ukuran besar.

Mail Online menjelaskan bahwa teknologi ini akan menjadi ‘game changer’ karena ketergantungan AS kepada bahan bakar fosil akan semakin berkurang.

Teknologi AL AS ini melengkapai teknologi mobil Quant dengan e-Sportlimousine-nya yang diklaim digerakkan dengan air laut.[]

Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: