TERKAIT REKLAMASI, DKI JAKARTA BISA SUSUL NEGARA LAIN

Terkait Reklamasi, DKI Jakarta Bisa Susul Negara Lain

Reklamasi Pantai
Reklamasi Pantai
Reklamasi Pantai. foto : http://www.rmol.co

DKI Jakarta harus segera menyusul kota-kota lain di manca negara yang telah berhasil melakukan reklamasi. Jika berkunjung ke Singapura dan juga Hong Kong, tanpa disadari akan menikmati hasil reklamasi yang telah dimanfaatkan sebagai lokasi wisata atau fasilitas publik lainnya.

“Namun di Indonesia kita membutuhkan komunikasi dialektik yang intensif untuk mewujudkan upaya reklamasi,” ujar Pakar tata kota dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Hesti D. Nawangsidi, Minggu (29/3).

Dia memahami bahwa reklamasi tidak hanya merupakan pekerjaan keteknikan. Namun juga  berdimensi ekologi, sosial dan ekonomi yang harus menjadi perhatian bersama. Misalnya, hal yang bisa mempengaruhi kehidupan nelayan dan masalah lingkungan.

Kekhawatiran yang berlebihan terhadap dampak reklamasi, menurut Hesti, perlu ditangani dengan penjelasan yang cukup dan obyektif dengan kelengkapan solusi mengatasi berbagai dampak negatif tersebut. “Kekhawatiran terkait masalah lingkungan, seperti ekologi, terumbu karang, dan lain-Iain, sebenarnya perlu diatasi melalui solusi yang operasional,” ujar Hesti.

Sebaiknya, kata dia, hal-hal yang dikhawatirkan dapat terjadi dikomunikasikan secara mendalam dan tentunya perlu pandangan yang komprehensif, sehingga upaya reklamasi tidak terbebani oleh kekhawatiran yang berlebihan. “Saya yakin reklamasi akan membuat Jakarta lebih baik. Jika upaya reklamasi tidak menghasilkan kondisi yang lebih, ya untuk apa dilakukan,” jelasnya.

Menurut Hesti, banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh Jakarta dari reklamasi.  Terutama ketersediaan lahan. Kota-kota yang melakukan reklamasi harus memiliki alasan yang kuat kenapa reklamasi harus dilakukan. “Jakarta merupakan kota yang memiliki alasan cukup kuat untuk melakukan reklamasi,” ujarnya.

Alasan lainnya kata Hesti, Jakarta membutuhkan lahan yang luas. Sebab penduduk Jakarta tentu akan bertambah tiap tahunnya. Selain itu, pembangun juga terus dilakukan. “Ada atau tidak ada reklamasi, penduduk di Jakarta akan terus bertambah. Hal ini harus memiliki solusi. Perkembangan pembangunan Jakarta diharapkan berorientasi ke utara. Karena daerah selatan merupakan daerah resapan air,” pungkas Hesti. (dai) 

 

– See more at: http://www.indopos.co.id/2015/03/terkait-reklamasi-dki-jakarta-bisa-susul-negara-lain.html#sthash.p966u87N.dpuf


Advertisements

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: