PBB Diminta Turun Tangan Hentikan Kejahatan Kemanusiaan di Papua

PBB Diminta Turun Tangan Hentikan Kejahatan Kemanusiaan di Papua
Created on Thursday, 07 June 2012 19:55 |  |
Jayapura (Koran-Cyber.com) – Kekerasan dan kejahatan kemanusiaan di Tanah Papua yang mengorbankan warga sipil maupun aparat keamanan dalam bulan Mei dan Juni 2012 meningkat tajam dengan jumlah signifikan. Kenyamanan dan ketenangan hidup umat beragama di Tanah Papua benar-benar terusik.

“Hak hidup rakyat sipil dan aparat keamanan dihilangkan tanpa alasan. Aksi-aksi kekerasan dan penembakan yang dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK) atau Orang Terlatih Khusus (OTK) ini sangat menyayat dan memilukan hati kita semua,” ujar Socratez Sofyan Yoman, Ketua Umum Badan Pelayan Pusat Persekutuan Gereja-gereja Baptis Papua dalam siaran persnya Kamis (7/6/2012).

Dia menyebutkan, Jayapura adalah ibu kota Provinsi Papua yang merupakan barometer atau tolok ukur kemajuan dan keamanan Tanah Papua telah memperlihatkan kekacauan dan tidak terkendali. Contoh nyata yang terlihat adalah penembakan dan pembunuhan sejumlah warga dan aparat yang menyayat hati masyarakat.

“Melihat beberapa kasus kekerasan dan kejahatan kemanusiaan di Papua, pelaku kekerasan yang pertama adalah Orang Tak Dikenal atau Orang Terlatih Khusus (OTK), dan kedua adalah oknum aparat keamanan dan ketiga adalah masyarakat sipil yang melakukan demonstrasi untuk menuntut keadilan dan hak mereka diakui oleh Pemerintah Indonesia,” katanya.

Ditambahkan, sedangkan dilihat dari korban adalah kebanyakan masyarakat sipil dan aparat keamanan non-Papua. Sedangkan penduduk asli Papua ditangkap, ditembak, disiksa, muka dihancurkan dan leher dipatahkan dengan kejam.

“Kejahatan kemanusiaan di Papua sudah melewati batas-batas kemanusiaan,” ungkapnya.

Yang disayangkan, lanjut Socratez, semua kasus pelanggaran HAM di Tanah Papua beberapa tahun yang lalu dan dalam bulan ini, belum ada satu kasus pun diungkap pelakunya. Dia berharap agar segala kejahatan kemanusiaan di Papua dapat segera diungkap dan pelakunya ditangkap.

Dia juga meminta, untuk membantu mengungkap pelaku kekerasan dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh OTK dan Petrus, sudah merupakan kebutuhan sangat mendesak menghadirkan Misi Kemanusiaan dan Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Tanah Papua.

“Supaya ada netralitas dalam menjaga keamanan dan kedamaian dan mengungkap kasus-kasus kekerasan dan kejahatan kemanusiaan di Tanah Papua,” tambahnya.

[rel/han]

About these ads

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 49 other followers

%d bloggers like this: