SEKOLAH SWASTA BEBAS BIAYA:

SEKOLAH SWASTA BEBAS BIAYA:

Indonesia disarankan tiru Denmark

Large_gedung__16_

Berita Terkait

 

DEPOK: Sistem pendidikan yang bebas biaya bagi sekolah negeri dan swasta di Denmark dinilai perlu ditiru sebagai model jaring pengaman sosial di Indonesia.
Hal itu terkait dengan kuliah umum Kepala Parlemen Denmark Mogens Lykketoft yang berjudul “Danish Model – A European Success Story” di Balai Sidang Universitas Indonesia.
Kuliah umum ini dibuka oleh Rektor UI Gumilar Somantri kemarin. Mogens berorasi selama 45 menit di depan 400 mahasiswa dan disaksikan oleh berbagai mata dari penjuru dunia melalui program siaran langsung (live streaming) di website UI, yaitu http://www.ui.ac.id.
“Salah satu keunikan yang patut dipelajari dari Denmark, yaitu kemampuan negara ini menjadi penganut sistem pasar bebas di satu sisi, tetapi di sisi yang lain mampu memberikan pengamanan sosial bagi warga negara,” kata  Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan Devie Rahmawati hari ini Jumat 9 Maret 2012.
Mogens  Lykketoft  mengatakan Danish Model, yaitu pendidikan yang bebas biaya, bahkan bukan hanya untuk sekolah negeri, tetapi berlaku juga untuk sekolah swasta.
Selain itu, banyak sekali peluang untuk mengikuti pendidikan berupa pelatihan atau kursus yang juga dibebaskan dari biaya.
Selanjutnya, Mogens mengungkapkan balita di Denmark mendapat perhatian besar dari pemerintah melalui program child care, yaitu fasilitas penitipan anak, fasilitas setelah anak pulang sekolah, taman kanak-kanak yang sangat lengkap dan baik.
“Hal ini mendorong tingkat partisipasi perempuan di dunia kerja sangat tinggi. Perempuan dapat mempercayakan buah hati mereka kepada lembaga-lembaga yang ditugaskan negara untuk melayani para balita, sehingga para perempuan dapat fokus dan produktif bekerja,” kata Mogens.
Selain itu, perlakuan istimewa negara terhadap kaum usia lanjut melalui fasilitas perawatan rumah, seperti memasak, menyapu, juga diberikan bagi lansia yang tidak mampu menyokong kehidupannya sendiri.
Para lansia juga sering mendapatkan pemotongan biaya sewa rumah yang sangat besar, bila terbukti tidak mampu membiayai hidupnya di hari tua.
Pemerintah Denmark juga memberikan fasilitas kesehatan untuk berkonsultasi ke dokter bahkan perawatan di rumah sakit bebas dari biaya.
Sistem pajak di Denmark sangat empati terhadap penduduk yang berpenghasilan rendah. Hal itu berbeda dengan di Amerika Serikat, dimana masyarakat kaya Amerika, justru membayar pajak lebih rendah.
Denmark juga merupakan negara yang diklaim oleh Organisasi International Transparency menempati peringkat kedua di dunia untuk kategori bebas dari praktik korupsi.  “Untuk itu Indonesia harus belajar dari Denmark,” kata Devie. (spr)
About these ads

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: