Diet DASH, Diet Terbaik Sepanjang Masa

http://health.kompas.com/read/2012/01/05/11010676/Diet.DASH.Diet.Terbaik.Sepanjang.Masa

Diet DASH, Diet Terbaik Sepanjang Masa

Lusia Kus Anna | Kamis, 5 Januari 2012 | 11:01 WIB
Dibaca: 10029

shutterstock
TERKAIT:

Kompas.com – Diet DASH (Dietary Approachs to Stop Hypertension) terpilih sebagai metode diet terbaik di tahun 2012 menurut U.S News & World Report. Ini adalah kali kedua diet DASH, yang bertujuan untuk mencegah dan mengendalikan tekanan darah ini memenangkan kategori sebagai diet terbaik.

Diet DASH konon ditemukan di Mediterania dan kini banyak ditemukan di negara-negara Barat. DASH menawarkan diet kandungan total lemak, kolesterol, lemak jenuh, dan rendah garam. Selain itu, DASH juga memberikan lebih banyak kalium, magnesium, kalsium, dan serat pangan.

Dalam diet ini, margarin yang digunakan berasal dari minyak zaitun atau minyak kanola yang kaya akan MUFA atau asam lemak omega-9. Sayuran dan buah dikonsumsi sampai lebih dari lima takaran per hari, sedangkan makanan sumber hidrat arangnya terutama dipilih dari seral dan biji-bijian (grain) yang utuh.

Untuk memenuhi kebutuhan protein, DASH lebih mengutamakan asupan yang berasal dari ikan dan kacang-kacangan, buncis serta tanaman polong ketimbang daging.

“Meski awalnya ditujuan untuk menurunkan tekanan darah, sebenarnya diet ini memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi,” kata Deborah Enos, ahli nutrisi dari Seattle.

Di tempat kedua dalam ranking diet terbaik adalah diet TLC (Theraupeutic Lifestyle Changes) yang bertujuan untuk menurunkan kolesterol. Di urutan selanjutnya adalah diet Mayo Clinic yang lebih fokus pada penurunan berat badan.

“TLC adalah contoh lain dari jenis diet medikal yang menjadi populer. Akan tetapi diet yang membatasi asupan sodium ini mungkin cukup sulit bagi sebagian orang untuk diikuti,” kata Enos.

Sementara itu tiga besar diet terbaik untuk menurunkan berat badan adalah diet Weight Watcher, the Biggest Loser diet dan Jenny Craig diet. Menurut data konsumen, ternyata diet Weight Watcher lebih mudah diikuti dan efektf dalam program penurunan berat badan dalam jangka pendek dan panjang.

Pemilihan jenis diet terbaik ini dilakukan oleh panel ahli yang terdiri dari 22 pakar di bidang diet, nutrisi, obesitas, psikologi makanan, ahli diabetes serta dokter jantung.

Para pakar menilai 25 jenis diet dalam 7 kategori, yakni kemudahan untuk dijalankan, kemampuan untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek dan panjang, kelengkapan nutrisi, keamanan dan potensi untuk mencegah penyakit diabetes dan jantung.

2 comments so far

  1. Goodgrade on

    Namun, studi teranyar menyebutkan, diet rendah garam justru meningkatkan kadar kolesterol.dimuat dalam American Journal of Hypertension menemukan pola makan rendah sodium malah meningkatkan kadar kolesterol, trigliserida, dan faktor risiko penyakit jantung lainnya.Penelitian yang dilakukan ilmuwan di Eropa itu menganalisis data dari 167 studi yang membandingkan pola makan rendah garam dengan pola makan tinggi garam. (Ini juga tulisan Lusia Kus Anna | Kamis, 10 November 2011 | 11:46 WIB di Kompas)

  2. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. on

    berat di ongkos :-(


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.