Pentingnya Kesadaran Globalisasi untuk Memperbaiki Kondisi Negeri

24 Januari 2012 | BP
Pentingnya Kesadaran Globalisasi untuk Memperbaiki Kondisi Negeri
Oleh I Gede Indra Supriadi, S.Pd.
MELIHAT seluruh potensi yang ada di negeri ini, seharusnya Indonesia bisa jauh lebih berperan maksimal dalam era global ini. Sumber daya alam yang melimpah seharusnya mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk mengekspor barang jadi, guna meningkatkan perekonomian bangsa. Sumber daya alam seperti terumbu karang, ikan yang melimpah, berbagai jenis tanaman, hewan ternak, sampai gas alam dan kayu merupakan potensi yang sebenarnya dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh warga negara.

Selain sumber daya alam yang luar biasa, sumber daya manusia Indonesia juga sangat melimpah. Hal ini berarti Indonesia tidak akan kekurangan sumber daya manusia untuk mengisi berbagai pos yang diperlukan andai saja kualitasnya sesuai dengan yang diharapkan. Negara ini seharusnya mandiri akan tenaga profesional dalam berbagai bidang. Dengan jumlah penduduk yang melimpah, selain dimanfaatkan untuk mengisi berbagai posisi strategis dalam kehidupan dalam negeri, sumber daya manusia yang melimpah juga seharusnya dapat memberikan devisa bagi negara melalui penjualan jasa tenaga kerja Indonesia ke luar negeri.

Keanekaragaman budaya juga merupakan potensi besar untuk kesejahteraan manusia di Indonesia. Kiblat pembangunan kebudayaan Indonesia seharusnya menuju perwujudan kebudayaan nasional Indonesia, sebagai pusat perhatian dunia akan kerukunan warga negaranya. Keadaan warga negara Indonesia yang hidup damai meskipun terdiri dari berbagai budaya yang berbeda dapat menjadi sesuatu yang mahal dan layak dipelajari oleh negara lain. Selain itu, keanekaragaman bahasa daerah, tarian, nyanyian, sampai berbagai jenis alat musik di Indonesia merupakan kekayaan budaya yang tak ternilai harganya bila dikelola dengan baik.

Sedemikian luar biasanya fenomena ideal yang dapat diwujudkan negeri ini dengan besarnya potensi yang dimiliki, ternyata belum sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Menurut laporan UNDP (United Nation Development Program), Human Development Index Indonesia pada 2011 berada pada peringkat 124 dan tergolong pada medium human development. Hal ini berarti kesejahteraan masih pada level menengah di antara empat level yaitu sangat tinggi, tinggi, menengah, dan rendah. Human Development Index tersebut menunjukkan bahwa harapan hidup, tingkat melek huruf, pendidikan dan standar hidup di Indonesia masih ada pada level menengah, di bawah Filiphina (112), Malaysia (61), dan Singapura (26).

Melihat kondisi tersebut, sebenarnya pendidikan menjadi ujung tombak perbaikan kualitas manusia Indonesia demi kesejahteraan hidup bangsa. Pendidikan adalah salah satu aspek penting yang akan mewujudkan kehidupan bangsa Indonesia seperti yang diimpikan. Akan tetapi, kenyataannya saat ini pendidikan tengah mengalami masalah yang cukup serius. Pendidikan saat ini seakan berjalan tanpa kesadaran akan pentingnya kualitas. Kualitas hasil pendidikan sebenarnya menjadi harapan utama untuk mengatur segala potensi negeri agar bermanfaat maksimal. Kualitas itu sepertinya saat ini kurang diperhatikan oleh berbagai pihak. Oleh karena itu perlu ditumbuhkan kesadaran pada seluruh dimensi kehidupan bangsa akan pentingnya kualitas pendidikan dalam era globalisasi ini.

Kesadaran akan pentingnya kualitas pendidikan dapat disebut dengan kesadaran globalisasi. Kesadaran globalisasi adalah suatu keadaan yang mengerti dan paham akan fenomena kesejagatan dimana kualitas adalah hal yang utama untuk dapat bersaing. Hal-hal yang perlu dimengerti dan dipahami untuk dapat bekerja membangun pendidikan secara maksimal adalah persaingan dan kerja sama.

Persaingan ditandai dengan adanya suatu keinginan dan tindakan yang menunjukkan kelebihan atau kualitas masing-masing. Perlu disadari bahwa dalam era global, persaingan akan semakin ketat. Orang-orang dari negara lain akan menunjukkan kualitasnya di negara kita sendiri. Oleh karena itu jangan sampai masyarakat Indonesia menjadi penonton di negerinya sendiri dan mati karena hanya bisa menonton. Di sinilah pentingnya kesadaran akan persaingan di depan tersebut.

Mulai dari Kebijakan

Kesadaran harus dimulai dari kebijakan pemerintah. Pemerintah harus menelurkan kebijakan dengan menyadari sepenuhnya bahwa produk dari pendidikan ini akan bersaing dengan produk pendidikan negara lain. Oleh karena akan bersaing dan menunjukkan kualitasnya, maka penting untuk membuat kebijakan yang dapat mempermudah terwujudnya kualitas manusia idaman tersebut. Kebijakan akan standardisasi pendidikan nasional merupakan salah satu contoh yang bagus. Akan tetapi kebijakan tersebut seharusnya diikuti dengan kebijakan lain yang sifatnya mengontrol jalannya kebijakan standarisasi pendidikan nasional tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar tidak terjadi penyelewengan ataupun ketidak-seriusan dalam melaksanakan kebijakan. Selama kebijakan tersebut berorientasi positif dan menyadari akan adanya persaingan yang keras di masa mendatang, maka kebijakan itu harus dilaksanakan.

Kesadaran juga harus terjadi pada tatanan pengawasan. Sadar akan pentingnya kualitas manusia di masa mendatang, maka pengawasan terhadap pendidikan harus tegas dan mampu menuntun ke arah yang diharapkan. ‘Kongkalikong’ antara pengawas dan guru yang diawasi seharusnya tidak ada. Pengawasan terhadap jalannya pendidikan diharapkan benar-benar professional karena menyadari akan pentingnya kualitas manusia yang dihasilkan.

Kinerja guru sebagai tumpuan utama dalam melaksanakan pendidikan juga harus didasari oleh pemahaman akan adanya persaingan anak didik mereka di masa mendatang. Anak didik yang tidak difasilitasi dalam pendidikan dengan baik, tidak akan mampu bersaing di masa mendatang. Bukan tidak mungkin jika ketidak-mampuan tersebut akan berubah menjadi penyakit dalam masyarakat di masa depan. Oleh karena itu, dengan guru menyadari akan adanya persaingan ini, maka diharapkan guru benar-benar serius dalam membentuk anak didik agar memiliki kompetensi yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan oleh tujuan pendidikan nasional. Dengan kesadaran ini, diharapkan tidak ada lagi kasus guru yang ‘sekadar’ mengajar, memberi contoh karakter yang buruk, serta masalah-masalah lain yang nampak pada banyak sosok oknum guru saat ini.

Selain faktor kesadaran oleh semua elemen akan persaingan di masa mendatang, faktor kesadaran akan kerja sama juga merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan manusia idaman yang unggul di era global. Kerjasama pada dasarnya adalah suatu tindakan yang dapat meringankan beban bersama. Sedemikian berat beban dan tantangan di depan, sehingga sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan kerjasama seluruh elemen dengan baik. Kerjasama harus dijalin dengan baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengawas pendidikan, tenaga pendidik, sampai pada peserta didik dan masyarakat. Dalam kerjasama yang dimaksud, harus didasari oleh nasionalisme yang tinggi.

Nasionalisme merupakan hal yang esensial dalam kerja sama ini. Semua pihak harus disatukan dengan adanya satu roh akan tujuan membuat bangsa ini jauh lebih baik. Dengan nasionalisme tinggi, diharapkan tidak ada kepentingan pribadi yang berjalan di atas kepentingan bangsa dalam kerangka kerjasama ini. Mewujudkan generasi mendatang yang jauh lebih baik, harus menjadi tujuan utama dari seluruh elemen yang terlibat.

Dengan adanya kesadaran akan persaingan di masa mendatang, serta kerjasama yang baik dari seluruh elemen bangsa yang didasari nasionalisme tinggi, maka kinerja pendidikan diharapkan mampu membentuk manusia yang berkualitas dan unggul di era globalisasi untuk memperbaiki kondisi negeri ini.

Penulis, mahasiswa Program Pascasarjana Undiksha

About these ads

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 54 other followers

%d bloggers like this: