Buku Kecil untuk Kado Pernikahan Anak Saya

Bikin Buku Lagi: Buku Kecil untuk Kado Pernikahan Anak Saya

Oleh Hernowo

in:dikbud@yahoogroups.com, Thursday, 19 January 2012, 3:28
Memasuki 2012, seperti biasa, resolusi saya adalah membereskan resolusi tahun-tahun sebelumnya yang belum beres atau belum saya tuntaskan. Ternyata, membereskan  resolusi tak semudah membuat resolusi. Menindaki memang lebih berat daripada hanya menuliskan atau mengatakan (menyampaikan). Meskipun begitu, saya juga tetap menambah resolusi baru agar tetap ada yang layak saya kejar (raih). Rasa-rasanya kok hambar hidup ini jika tak memiliki sesuatu yang baru yang ingin saya raih di tahun yang baru pula. Apa resolusi baru saya? Bikin buku lagi.
 
Bikin buku lagi? Ya, tetapi kali ini buku yang akan saya buat adalah buku yang sangat spesial. Meskipun bukunya kecil, buku ini sungguh saya pikirkan secara terus-menerus ketika mau memasuki tahun 2012. Saya ingin membuat buku untuk kado pernikahan anak saya. Pada tahun ini, anak pertama saya (laki-laki) akan melangsungkan penikahannya.
 
Tak ada yang dapat membahagiakan di hari pernikahan seorang anak kecuali saya dapat memberi kado kepadanya dalam bentuk buku. Kado ini akan, katakanlah, ”abadi”. Saya tidak tahu apakah buku kecil ini nanti juga dapat dijadikan souvenir (tanda mata) untuk dibagikan kepada para tamu undangan yang menghadiri perayaan pernikahan anak saya. Tentu, kebahagiaan saya akan bertambah apabila, akhirnya, memang, buku kecil tersebut dapat dijadikan sebagai tanda mata.
 
Tidak seperti biasanya ketika saya membuat buku untuk kado pernikahan anak saya ini saya terjebak untuk menemukan stuktur (bangunan) buku terlebih dahulu. Biasanya, ketika membuat semua buku saya yang sudah terbit, saya mengandalkan kegiatan menulis bebas untuk “membuang” materi yang dapat saya buang (tulis). Baru setelah materi ”terbuang” atau dapat saya keluarkan semua, saya baru menata materi (batu bata) tersebut agar membentuk sebuah bangunan (struktur).
 
Untuk buku kecil—saya sebut buku kecil agar mudah membuatnya—ini, saya benar-benar harus memikirkan strukturnya terlebih dahulu. Beruntung sekali saya memiliki banyak contoh buku semacam buku yang ingin saya buat ini. Salah satu contoh yang sangat menarik adalah beberpa buku “khutbah nikah” yang dibuat oleh Kang Jalal—panggilan akrab cendekiawan Muslim asal Bandung, Jalaluddin Rakhmat.
 
 
Kang Jalal beberapa kali membuat “khutbah nikah”. Saya sudah membaca “khutbah nikah” Kang Jalal, yang dibuat pertama kali, beberapa puluh tahun lalu. Waktu itu, “khutbah nikah” yang pertama kali dibuat oleh Kang Jalal dibukukan dan disatukan dengan “khutbah” yang lain. Khotbah-Khotbah dari Amerikademikian judul kumpulan “khutbah” Kang Jalal yang di dalamnya ada “khutbah nikah” yang saya maksud.
 
Selain milik Kang Jalal, saya beruntung juga membaca buku karya sahabat saya, Haidar Bagir, terkait dengan buku yang dikhususkan untuk menyambut pernikahan. Ada dua buku karya Haidar. Buku pertama Haidar berjudul Surga di Dunia, Surga di Akhirat: Kiat-Kiat Praktis Merawat Pernikahan. Buku ini dibuat Haidar untuk kado pernikahan anak pertamanya.
 
Secara garis besar, buku Surga di Dunia, Surga di Akhirat, berisi tentang nasihat perkawinan seorang ayah kepada anaknya. Ketika saya menghadiri pernikahan putra pertama Haidar, saya telah mendapatkan buku tersebut. Setelah itu, ternyata buku Surga di Dunia, Surga di Akhirat diterbitkan oleh Penerbit Mizania, Bandung.
 
Apabila Surga di Dunia, Surga di Akhirat cukup tebal (sekitar 150 halaman), buku kedua karya Haidar yang saya baca—yang juga dibuat untuk keperluan pernikahan keponakannya—cukup tipis dan formatnya kecil. Kayaknya saya mau meniru buku kedua karya Haidar ini. Judulnya, Percikan Cinta: Kado Perkawinan. Isinya sangat bagus. Haidar berbicara ihwal cinta dua manusia secara filosofis meski dibuat ringan.[]
About these ads

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 54 other followers

%d bloggers like this: