Masyarakat Uekuli Hentikan Tambang

Masyarakat Uekuli Hentikan Tambang

http://indo.jatam.org/index.php?option=com_content&view=article&id=50:masyarakat-uekuli-hentikan-tambang&catid=10:kampung

 

Tojo 17/1/2012. Setelah masyarakat Desa Betaua Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-una Sulawesi Tengah melakukan aksi pendudukan di Dermaga milik PT Ina Touna Mining pada tanggal 10 januari 2012. Hari ini giliran masyarakat Uekuli berhasil menghentikan aktivitas tambang yang jajaran  komisaris utamanya dihuni oleh dua petinggi Polri yakni, Komjen Drs. Oegroseno, SH dan Brigjen Sumarna Yudhi .

Masyarakat Uekuli menutup akses jalan menuju lokasi pengambilan ore oleh perusahaan, tepatnya di pegunungan Masinese. Wilayah yang diduduki warga itu adalah kebun masyarakat yang berbatasan dengan wilayah hutan.

 

Desa Uekuli ini adalah lokasi berkedudukan kantor PT. Ina Touna Mining dan PT. Trinusa Aneka Tambang letaknya dijalan Trans Sulawesi dekat Kantor Polsek, Camat, dan Rumah sakit Kecamatan. Wilayahnya sebagian kecil masuk dalam izin pengelolaan PT. Ina Touna Mining, serta Pelabuhan pengangkutan dibangun di Desa Uekuli bagian Timur yang berbatasan dengan wilayah Desa Betaua. Kemarin sempat disengketakan oleh kedua belah pihak karena belum ketemunya komunikasi dan sikap masyarakat kedua desa tersebut tentang investasi pertambangan tersebut.

Sebelumnya sebagian masyarakat Desa Uekuli saling silang pendapat berkenaan hadirnya pertambangan didaerah ini. Pendapat dan persepsi masyarakat berbeda-beda; ada yang berkesadaran kerusakan lingkungan dan ketimpangan penguasaan alat produksi; dan sebagian lagi yang menolak karena khawatir perusahaan akan mengambil tanah mereka dengan bayaran ganti rugi yang tidak sesuai. Ada yang menerima dengan alasan membuka Lapangan pekerjaan. Dan sebagian besar tidak dalam proses dukung atau menolak (apatis) karena pekerjaan mereka tidak bersentuhan langsung dengan aktifitas investasi tersebut.

Menurut Ariestal A (Etal Douw), Manager Pengembangan Jaringan JATAM Sulteng mengatakan, aksi ini adalah serangkaian protes masyarakat Tojo seputar ancaman dan dampak yang ditimbulkan PT Ina Touna Mining.

“Masyarakat Tojo sudah paham bahwa tambang hanya menimbulkan perpecahan dan kerusakan lingkungan, tidak mendatangkan manfaat bagi peningkatan ekonomi warga,” ungkapnya. (Adika/JTMSulteng).


Priyo Pamungkas Kustiadi
08561903417

Media Communication and Outreach
Jaringan Advokasi Tambang

About these ads

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

%d bloggers like this: