Inspirasi, Apa Itu?

 

Inspirasi, Apa Itu?: Bagaimana Saya Menulis Buku Writing Toolbox (2)

Oleh Hernowo

In: dikbud@yahoogroups.com, Saturday, 30 July 2011 06:13:47

 

 

 

Setidaknya ada tiga pertanyaan menarik yang diajukan kepada saya terkait dengan inspirasi ketika seseorang ingin membuat buku. Tiga pertanyaan itu, jika saya rumuskan, akan berbunyi sebagai berikut: Pertama, bagaimana agar kita dapat memperoleh inspirasi? Kedua, apakah harus mendapat inspirasi dulu untuk membuat buku? Dan, ketiga, apakah inspirasi itu datangnya hanya dari sebuah buku?

 

Bagi saya, inspirasi adalah sebuah pemicu yang dapat membantu diri kita untuk menciptakan sebuah karya yang baru dan berbeda. Inspirasi bisa juga menjadi “kunci” yang membantu diri kita membuka keunikan dan kekayaan pengalaman yang kita miliki. Kebanyakan, memang, kehadiran inspirasi bersifat mendadak. Dalam bahasa Hank Zeller, jika kita mendapat inspirasi seakan-akan kita mendapat bisikan Tuhan.

 

”Byar!” begitulah kira-kira keadaan yang bisa dialami seseorang ketika mendapat inspirasi. Inspirasi bersifat menerangi. Kadang, bahkan, inspirasi dapat memicu munculnya banyak hal. Misalnya memunculkan ide yang dahsyat, lalu membangkitkan semangat luar biasa dalam mencipta, dan menyalakan antusiasme untuk habis-habisan melahirkan sebuah karya yang bermakna.

 

 

 

Berpijak pada rumusan sederhana tersebut, saya ingin menjawab ketiga pertanyaan di atas. Saya akan menjawab dari yang nomor tiga: Apakah inspirasi itu datangnya hanya dari sebuah buku? Jawabannya, secara tegas, ”Tidak!” Inspirasi bisa datang dari mana saja. Ia bisa datang dari peristiwa sehari-hari yang sangat mengesankan, film-film yang mencerahkan, ceramah yang tidak monoton, atau juga musik yang memiliki irama dan lirik yang unik.

 

Apakah harus mendapat inspirasi dulu untuk membuat buku? Jawaban untuk pertanyaan kedua ini juga jelas, ”Tidak harus.” Namun, biasanya, inspirasi terkait dengan hal penting: semangat dan gairah untuk berkarya. Oleh sebab itu, saya kadang berpesan kepada siapa saja agar mengecek apakah yang didapat itu inspirasi atau bukan. Kalau kita merasakan mendapat inspirasi tapi tak bersemangat dalam menciptakan karya ya perlu dipertanyakan apakah itu benar-benar inspirasi atau sesuatu yang lain.

About these ads

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 49 other followers

%d bloggers like this: