Setelah SBY, RMS Minta Belanda Tangkap Hasan Wirajuda

Senin, 15 November 2010, 17:31 WIB
Setelah SBY, RMS Minta Belanda Tangkap Hasan Wirajuda

RMS

REPUBLIKA.CO.ID, Meski jauh dari tanah kelahirannya, Republik Maluku Selatan (RMS) masih terdengar gaungnya’. Yang paling menghentakkan adalah desakannya agar Pemerintah Belanda menangkap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun, ternyata tuntutan RMS tidak berhenti sampai disitu. RMS juga menuntut hal yang sama, yang kali ini ditujukan kepada mantan Menteri Luar Negeri Indonesia Nur Hasan Wirajuda. Bahkan permintaan tersebut langsung disampaikan kepada Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Hal itu terkait kunjungan Wirajuda yang akan direncanakan menghadiri pertemuan di Bronbeek, pada Selasa (16/11) besok. Presiden RMS di pengasingan John Wattilete mengatakan kepada Radio 1 (Radio Domestik Belanda) bahwa Wirajuda dinilai ikut bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Maluku, karena ia pernah menjadi menlu selama 8 tahun lamanya.

Jika pemerintah Belanda tidak memenuhi permintaan RMS untuk menangkap Wirajuda, lanjut dia, RMS kemungkinan akan menggugat pemerintah Belanda seperti yang pernah dilakukan terhadap SBY pada awal Oktober lalu.

Setelah adanya tuntutan tersebut, SBY pun akhirnya membatalkan kunjungannya ke Negeri Kincir Angin tersebut. Sebab, tuntutan ditangkapnya SBY, karena RMS menginginkannya untuk dihadirkan dalam sidang kilat atau kort geding yang diajukannya.

About these ads

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

%d bloggers like this: