Inilah Profil 3 Perusahaan Bakrie , Yang Diduga Mengemplang Pajak Triliunan Rupiah

Kamis 10 Juni 2010 05:59 WIB
bumiresources.com

Salah satu perusahaan milik Grup Bakrei yang diduga bermasalah mengenai pajak.

Jakarta, PEDOMAN News — Tiga perusahaan Grup Bakrie dilaporkan telah lalai membayar pajak sebesar Rp2,1 triliun. Perusahaan itu adalah PT Bumi Resource, PT Kaltim Prima Coal (KPC), dan PT Arutmin Indonesia. Bumi menunggak pajak senilai Rp376 miliar, KPC senilaiRp1,5 triliun, dan Arutmin senilai Rp300 miliar. (mediaindonesia.com/ 11/02/2010).

Kasus ini sekarang ramai kembali dibicarakan publik terkait  pengakuan Gayus H. Tambunan tersangka korupsi dan pencucian uang di tiga perusahaan Grup Bakrie tersebut yang diduga menyetor US$ 7 juta atau sekitar Rp 65 miliar untuk membereskan persoalan tunggakan pajak mereka.

Lantas apa dan bagaimana sepak terjang ketiga perusahaan  milik Grup Bakrie tersebut? Berikut adalah profil singkat tiga perusahaan Grup Bakrie, yang  dihimpun  PedomanNEWS.

PT Bumi Resources Tbk

Berdasarkan penelusuran PedomanNews diketahui PT Bumi Resources Tbk, adalah  perusahaan batubara terbesar di Indonesia. Bumi tidak hanya bergerak dibidang Pertambangan, perusahaan ini juga bergerak di bidang  Minyak, Gas Bumi dan Mineral.
Sebelum bergerak dalam bidang minyak, gas bumi dan pertambangan, perusahaan ini berkiprah di bidang perhotelan dan pariwisata dengan nama PT Bumi Modern Tbk.

Sejak tahun 1997, PT Bakrie Capital Indonesia mengambil alih 58,51% saham perusahaan dari Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Pada tahun 1990 perusahaan resmi mencatatkan diri di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan Surabaya.
Anda ingin tahu di manakah PT Bumi Resources  bermarkas? PT Bumi Resources Tbk, bermarkas di Wisma Bakrie Dua, lantai tujuh Jalan H.R Rasuna Said Kav. B.2 Jakarta.

Alamat Lengkap Kantor PT Bumi Resources Tbk:

Kantor Pusat : Wisma Bakrie 2, Lt 7  Jl. H.R. Rasuna Said Kav. B2 Jakarta 12920 – Indonesia
Telepon : (62-021) 5794 – 2080 Fax: (62-021) 5794 – 2070
Email : corsec@bumiresources.comAlamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
Website : http://www.bumiresources.com

PT. Kaltim Prima Coal

PT   Kaltim   Prima   Coal,  adalah  anak  perusahaan   yang  sahamnya   dimiliki  masing-masing oleh Perseroan sebesar 13,6%, Sangatta Holdings Limited   sebesar   24,5%,   Kalimantan   Coal   Limited   sebesar   24,5% dan PT Sitrade Coal sebesar 32,4%. (Data 2007).

Selanjutnya PT. Kaltim Prima Coal adalah sebuah perusahaan penghasil batubara terbesar di Indonesia. Perusahaan ini adalah salah satu anak perusahaan PT. Bumi Resources (Tbk). KPC berlokasi di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Alamat Lengkap Kantor PT Bumi Resources Tbk:

Kantor  : Wisma GKBI, 31th Floor, Suite 3110, Jl. Jend. Sudirman Kav. 28 Jakarta 10210 – Indonesia.
Telepon : (021) 5741060
Fax        : (021) 5741065
Email     : mn2727@idola.net.idAlamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
Website :  http://www.kpc.co.id

PT Arutmin

PT Arutmin adalah perusahaan penghasil dan pengekspor batubara terbesar di Indonesia. Perusahaan ini pertama kali menandatangani kontrak penambangan batubara dengan Pemerintah Indonesia pada tahun 1981 dan merupakan perusahan swasta penghasil batubara terlama di Indonesia.

Seperti yang disebutkan oleh situs http://www.arutmin.com situs resmi PT Arutmin,  disebutkan  bahwa perusahaan ini  mengoperasikan 5 tambang: Senakin, Satui, Mulia, Asam – Asam dan Batulicin (semuanya di Kalimantan Selatan)  serta terminal ekspor batubara yang bertaraf Internasional.

Disebutkan juga bahwa PT Arutmin memiliki aliansi strategis dengan dua perusahaan bertaraf internasional, BHP Billiton dan Thiess Pty Ltd yang memasarkan dan menghasilkan sebagian besar batubara dunia.

Dalam kegiatan usahanya perusahaan pertambangan Batubara ini beroperasi di area konsesi yang dekenal dengan Blok 6 Kalimantan.

Adapun Blok 6 mencakup sejumlah area sempit di bagian timur laut pulau Kalimantan ditambah dengan bagian utara pulau tetangga, yaitu Pulau Laut. Blok 6 terletak di provinsi Kalimantan Selatan yang mencakup sampai 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Kota Baru dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Alamat Lengkap  Kantor PT Arutmin:
Wisma Bakrie 2, Lt 10  Jl. H.R. Rasuna Said Kav. B2 Jakarta 12920 – Indonesia

( Nursailan/diolah dari berbagai sumber)

About these ads

2 comments so far

  1. ferdi on

    Pulpen PARKER Free Grafir Guna Souvenir Perusahaan (Diskon Corporate)

    Mohon bisa disambungkan informasi ini ke divisi purchasing

    Dear: Divisi Purchasing

    Perihal penawaran Pena Parker
    Aku dari Distributor Tunggal dan resmi untuk produk PEN PARKER utk wilayah di Indonesia)
    Aku bisa kasih diskon corporate pena parker karena aku berada di divisi B2B
    Aku tawarkan paket-paket yang bisa didapatkan (sertivikat, kartu garansi internasional dan kartu garansi indonesia, hologram parker resmi, box parker, paper bag, dam free grafir nama ataupun logo perusahaan, serta diskon corporate yang terbaiklah)
    Divisi aku dibentuk untuk mempermudah serta membantu meringankan beban perusahaan dalam bentuk efisiensi waktu serta efisiensi biaya perusahaan.
    Untuk bertanya-tanya bisa hubungi aku

    Salam
    Thks n best regards
    PT.SAHABAT UTAMA TRACO
    Ferdiyansyah Dwi Cahyo
    085718629455
    021-95870580
    Pin bb: 26f789a0
    Ferdiyansyah.dwi@utama.co.id

  2. Tany on

    Wah banyak ya tunggakan pajaknya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 54 other followers

%d bloggers like this: